Apa Itu Bagasi Penumpang Berbayar Pada Angkutan Udara

jasa pengiriman bagasi pesawat

Jasa pengiriman bagasi pesawat dapat dilakukan oleh penumpang sebuah maskapai penerbangan. Dalam perjalanan jalur udara, bagasi yang dibawa oleh para penumpang akan dialihkan menuju tempat khusus untuk barang. Apa yang dimaksud dengan bagasi adalah barang muatan yang dibawa penumpang pesawat dalam perjalanannya. Secara luas, hal itu juga dapat diartikan sebagai barang bawaan pribadi yang sudah melewati prosedur dari pihak maskapai penerbangan. Biasanya, barang bawaan tersebut akan ditimbang dan dimuat dalam compartment pesawat kemudian dilabeli nomor ketika penumpang sedang check in. Adapun beberapa barang yang diperbolehkan untuk dibawaserta memasuki kabin pesawat, seperti tas tangan, mantel, atau selimut, kamera, makanan, kursi roda yang dapat dilipat, dan sebagainya.

Jenis-jenis Bagasi Pesawat

 jasa pengiriman bagasi pesawat

Dalam beberapa waktu lalu, maskapai penerbangan menyampaikan kebijakan barunya perihal kenaiakan tarif muatan bagasi. Bahkan, tarifnya mengalami peningkatan hingga tiga kali. Hal tersebut tentu membuat beberapa ekspedisi melakukan penyesuaian harga sejak wal tahun ini. Padahal sebelumnya bagasi yang dibawa oleh penumpang tidak dikenakan tarif sama sekali. Penghapusan bagasi gratis ini menimbulkan pembengkakan biaya bagi para penumpang maskapai penerbangan.

Umumnya, terdapat dua kategori bagasi penumpang pesawat secara umum, yaitu:

  • Checked Baggage: merupakan barang bawaan yang dalam prosedur penerbangan harus ditimbang dan dicek melalui compartment pesawat sebelum landing.
  • Unchecked Baggage: merupakan bawaan penumpang yang diperbolehkan untuk dibawa menuju kabin pesawat dan dapat diletakkan di bawah tempat duduk atau di dalam hat rack (rak). Unchecked baggage sepenuhnya menjadi tanggung jawab penumpang.

Pengiriman Bagasi Pesawat Bandara Soekarno Hatta

 jasa pengiriman bagasi pesawat

Membawa serta mengambil bagasi (barang bawaan) dan kargo dengan menggunakan maskapai penerbangan tentu sangat berbeda dengan menggunakan angkutan lain seperti bus, angkutan umum, dan sebagainya. Membawa dan mengambil bagasi  pada pesawat tidak bisa dilakukan sembarangan sesuai kehendak penumpangnya. Ada beberapa tahapan yang harus dilewati berdasarkan prosedur pihak terkait. Hal tersebut dilakukan supaya beban pesawat seimbang, dan apabila ada beberapa barang yang memerlukan penanganan khusus seperti perishable good (barang yang mudah rusak/busuk), valuable good (barang berharga), human remains (jenazah atau abu kremasi), dangerous good (sesuai dengan kategori), dan live animal (binatang hidup) supaya diketahui pilot in command. Proses tersebut harus dilakukan karena menentukan titik keseimbangan pesawat yang beraitan erat dengan keamanan.

Pengelola Bandara Soekarno-Hatta, melalui perkembangan teknologi digital menyediakan jasa pengiriman bagasi pesawat dengan berbagai inovasi. Pelayanan ini tentunya ditujukan bagi penumpang yang membawa bagasi. Hal ini juga akan memberikan kemudahan serta keuntungan bagi penumpang pesawat juga pihak pengelola bandara. Tarif yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal melalui pesawat udara port to port melalui jasa kargo beberapa maskapai penerbangan seperti lion air, batik air, citilink, cargo garuda, sriwijaya, dan yang lainnya. Selin itu, pertumbuhan perekonomian di berbagai wilayah Indonesia ikut terbantu oleh ini.

Hingga saat ini, jumlah permintaan cargo atau bagasi semakin meningkat, Peningkatan ini diakibatkan karena berkembangnya laju teknologi dan informasi di negeri ini, sehingga banyak orang yang merasa bahwa menggunakan jasa pengiriman, termasuk untuk bagasi atau cargo pesawat akan memudahkan segalanya. Selain itu, sangat mudah menemukan jasa cargo sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia yakni dengan melalui browser di internet diantaranya PT. Multi Angkasa Solusi (Mascargo Express).

Layanan Jasa Pengirim Bagasi Pesawat Bandara Soekarno-Hatta

 jasa pengiriman bagasi pesawat

Masing-masing jasa ekspedisi bagasi, termasuk yang telah disebutkan tadi memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang kita butuhkan serta keuntungan apa yang ingin kita dapatkan dari jasa pengiriman bagasi pesawat tersebut.

Seperti yang kita telah tahu, bahwa jasa pengiriman seperti ini sangatlah dibutuhkan masyarakat apalagi di masa segala sesuatu harus serba cepat dan praktis. Dewasa ini, banyak sekali manfaat yang akan didapat oleh pengguna jasa pengirim bagasi pesawat, seperti para pengusaha yang bergelut di berbagai bidang yang membutuhkannya. Hal ini dikerenakan pengiriman barang melalui jalur udara akan lebih cepat dan efisien. Selain itu, penggunaan jasa pengiriman seperti ini akan menjadi solusi paling baik dan tepat. Beberapa kebutuhan yang serin dimintai konsumen pada jasa ini biasanya berupa barang-barang pindahan rumah, pindahan kantor, kiriman makan, lemari, berangkas, tanaman atau tumbuhan, kendaraan (seperti motor, sepeda, dan juga mobil), serta berbagai barang lainnya.  Misalkan, kita perlu mengirim barang dalam secara kilat, barang tersebut harus sudah berada di tempat tertentu dua hari lagi. Lewat layanan Port to Port, hanya dibutuhkan waktu yang lebih singkat dari waktu perkiraan barang tiba.

Salah satu perusahaan bandar udara PT. Angkasa Pura II (persero) lewat pengelola Bandara Soekarno-Hatta menyediakan inovasi layanan jasa pengirim bagasi pesawat untuk menjadikan bandar udara tersebut lebih berkelas sampai ke tingkat mancanegara. Berbagai pihak sedang malakukan berbagai uji coba perangkat timbangan bagasi atau dapat juga disebut dengan baggage scale terkait layanan self check-in kiosk sehingga para penumpang yang membawa bagasi  tidak perlu berepot-repot melakukan antre panjang di counter check-in. pelayanan ini juga akan segera dilakukan di terminal erikutnya. Ternyata, selain melakukan uji coba untuk self check-in baggage drop di termilal tertentu, perusahaan ini juga menyediakan vending machine di Bandara Soekarno-Hatta untuk memudahkan pelayanan transasksi pengguna jasa. PT. Angkasa Pura terbilang konsisten dalam meningkatkan pelayanannya, dalam hai ini termasuk untuk jasa pengirim bagasi pesawat.

Pegiriman Bagasi Murah

 jasa pengiriman bagasi pesawat

Seperti yang kita tahu bahwa bagasi merupakan komponen yang paling penting dalam bepergian menggunakan angkutan udara. Apalagi untuk penumpang yang nyaris selalu membawa barang yang banyak. Memang, sebelumnya terdapat beberapa maskapai penerbangan tidak memungut tarif bagi perjalan udara low cost carrier (LCC). Penumpang hanya cukup membayar biaya tiket pesawat tanpa menambah biaya untuk penyimpanan bagasi (seberat 10-20 kilogram).

Sejak awal tahun ini, Lion Air dan Wings adalah maskapai LCC yang menerapkan kebijakan tarif bagasi (tergantung pada rute yang ditempuh). Misalnya,  antara rute Jakarta-Denpasar dengan rute Jakarta-Surabaya terdapat perbedaan tarif karena diasumsikan bahwa perjalanan Jakarta-Denpasar lebih jauh ketimbang Jakarta-Surabaya, harganya akan jelas berbeda.

Kementrian Perhubungan mengatakan bahwa dihapusnya bagasi gratis merupakan usaha mendisiplinkan masyarakat dalam bepergian. Aturan tersebut sebetulnya telah tercantum pada Pasal 22 Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Pada dasarnya, jika kita bicara tentang harga atau tarif jasa pengiriman bagasi pesawat tentulah kita harus mempertimbangkannya dengan cermat, baik dengan cara membandingkan harga yang satu dengan harga yang lain, atau pun membandingkan sesuai dengan kepuasan juga pemenuhan pelayanan serta kebutuhan bagasi kita. Pertimbangan seperti ini sedikit membuang-buang waktu. Disarankan sekali bagi calon pengguna jasa untuk mencari jasa pengiriman barang yang banyak dipakai oleh masyarakat luas. Biasanya, jasa yang banyak digunakan umumnya menyediakan pelayanan yang baik, walaupun terkadang harganya lebih mahal dari yang lainnya.

Sebetulnya ada dua jenis jasa pengiriman bagasi ini, yakni cargo jalur laut dan cargo jalur udara. Pengiriman barang melalui cargo jalur udara bisanya menggunakan transportasi pesawat komersial seperti Garuda, Lion Air, Batik Air, dan yang lainnya. Jasa pengiriman yang satu ini merupakan yang paling banyak dicari mereka yang ingin mengirimkan barang dengan estimasi waktu yang sangat cepat (atau kita mengenalnya dengan sebutan paket kilat). Selain itu, jasa pengiriman tersebut juga sangat membantu pengiriman barang yang akan dikirim ke luar pulau (antar pulau) di Indonesia mulai dari Aceh hingga Irian Jaya (Papua). Jumlah maksimum penggunaan jasa ini adalah 60 (enam puluh) kilogram. Namun, itu pun tergantung dengan masing-masing kapasitas pesawat.

Kembali lagi jika kita berbicara tarif jasa pengiriman bagasi pesawat, pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya. Beberapa faktor yang sangat memengaruhi biaya atau tarifnya di antaranya adalah rute pengiriman, berat barang, dan juga dimensi barang (yang meliputi asuransi, packing atau pengemasan, serta bongkar-muat apabila itu sangat diperlukan).

Selain itu, sebelum mengirimkan barang, ada baiknya Anda memeriksa SOP atau Standard  Operation Procedure beserta kebijakan jasa ekspedisi terkait. Jangan sampai Anda bermasalah dengan pengiriman barang karena ada barang yang melanggar prosedur serta dilarang untuk dikirmkan. Biasanya, calon pengguna jasa akan ditanya petugas tentang isi paket yang akan dikirimkan.

Menyiasati Tarif Bagasi

 jasa pengiriman bagasi pesawat

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika jasa pengiriman bagasi pesawat yang dikenakan tarif yang tidak sedikit, kita dapat menyiasatinya dengan beberapa cara berikut:

  • Menyortir barang yang akan dibawa dalam perjalanan => Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih dan memiliah (menyortir) barang yang akan di bawa. Bawalah hanya barang-barang yang dirasa paling penting dan akan diperlukan supaya tidak terlalu memenuhi koper. Perlu dilakukan juga untuk menghindari prinsip “bawalah payung sebelum hujan” dalam hal ini.
  • Mempelajari trik berkemas (packing) => Anda dapat mempelajari trik berkemas untuk meminimalisir bagasi. Tiap maskapai memperbolehkan penumpang membawa maksimal 7 kilogram barang bawaan pribadi. Bawalah pakaian yang hanya akan dipakai di tempat tujuan, selain itu pastikan melipatnya (baju atau pakaian) dengan  lipatan sekecil mungkin.
  • Menghindari membawa alat yang dapat dibeli di tempat tujuan
  • Mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi => Apabila Anda membawa barang yang memiliki bobot ekstra, tidak ada salahnya mengirimkan barang-barang tersebut dengan menggunakan jasa ekspedisi barang. Tarif pengiriman biasanya akan lebih murah, tidak akan mencapai seharga bagasi 20 kilogram. Hal ini sangat disarankan bagi Anda yang bertujuan untuk pulang ke kampung halaman.
  • Bergabung dengan mailing list maskapai penerbangan

Ternyata, bebearpa maskapai penerbangan memberi keuntungan bagi anggota (penumpang) yang terdaftar dalam milis atau mailing list, selain harga tiket. Biasanya, keuntungan yang ditawarkan berupa pemberian bagasi tambahan. Pada umumnya, anggota diharuskan memiliki kartu kredit berfitur milis, lalu mengumpulkan poin dari milis sebanyak mungkin untuk penawaran tertentu.

Itulah apa yang dapat disampaikan mengenai jasa pengiriman bagasi pesawat. Layanan  pengiriman cargo yang seperti apa yang akan Anda pilih? Pada dasarnya, pilihan ada di tangan Anda. Solusinya, jika Anda menginginkan pelayanan pengiriman yang cepat dan juga murah, pilihlah dengan sangat cermat tarif-tarif yang ditawarkan.


PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo
Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00