Yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Kerusakan Barang dalam Pengiriman

adanya kerusakan barang

Tidak semua jasa ekspedisi dapat menjamin keamanan barang yang hendak Anda kirim sepenuhnya ke suatu alamat. Sering kali, terjadi kecelakaan yang  menimpa sehingga pada akhirnya mengalami kerusakan barang pengiriman. Lalu, jika hal tersebut terjadi pada barang kiriman Anda, apa yang mesti dilakukan?

Apabila Anda sudah mengetahui seluk beluk serta prosedur suatu layanan jasa pengiriman barang, Anda tak usah terlalu khawatir pada nasib barang kiriman yang rusak. Walaupun pada dasarnya tiap jasa ekspedisi memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Namun, Anda bisa melakukan beberapa tindakan untuk bisa mendapatkan pertanggung jawaban dari pihak jasa pengiriman yang Anda gunakan.

Menggunakan Jasa Asuransi untuk Barang yang Hendak Dikirim

apabila ada kerusakan barang dalam pengiriman

Sebelum Anda mengirim barang, pastikan apakah barang tersebut termasuk barang yang mudah rusak atau tidak. Jika barang dianggap mudah rusak, maka Anda harus mengemasya dengan tepat untuk mencegah kerusakan barang dalam pengiriman. Akan tetapi, jika Anda tidak terlalu yakin dengan keamanan barang akan terjaga, maka gunakanlah jasa asuransi pengiriman barang terkait barang yang akan dikirim.

Asuransi tersebut akan memberi pelayanan untuk melindungi keamanan serta keterjagaan barang yang hendak dikirimkan. Biasanya, tarif dari asuransi dihitung berdasarkan nilai beli barang tersebut (biasanya tak akan lebih dari 1%).

Selain itu, pilihlah agen atau perusahaan ekspedisi yang terpercaya dalam urusan asuransi pengiriman barang.

Menunjukan Foto Barang  Sebelum dan Sesudah Mengalami Kerusakan

apa itu kerusakan dalam pengiriman barang

Hal ini memang sering kali diluputkan oleh para pengguna jasa, yaitu memotret barang sebelum hendak dikirimkan. Padahal, hal ini akan sangat berguna jika kerusakan barang dalam pengiriman terjadi. Ini juga akan sangat membantu Anda dalam proses klaim rusaknya barang.

Foto atau dokumentasi yang disimpan akan menjadi bukti bahwa barang yang Anda kirimkan masih dalam keadaan baik sewaktu berada di tangan Anda.

Meninjau Kontrak dari Surat Perjanjian

kerusakan barang dalam ekpsedisi

Sebelum proses pengiriman barang dilanjutkan, biasanya Anda akan diberi sejenis kontrak surat perjanjian yang ditandatangani dan disetujui kedua belah pihak. Anda harus bisa memastikan bahwa jasa ekspedisi yang melayani pengiriman barang Anda mengisi dengan lengkap dan detail. Apabila terjadi kerusakan barang kiriman, kontrak ini akan menjadi bukti untuk bisa memperkuat klaim barang yang rusak.

Mengajukan Klaim Kerusakan Barang dalam Pengiriman

kerusakan barang dalam cargo barang

Seperti halnya mengalami hilangnya barang pengiriman, jika barang yang Anda hendak kirim rusak, maka Anda pun dapat mengajukan klaim terkait kerusakan barang kepada perusahaan ekspedisinya secara langsung.

Dalam mengajukan klaim tersebut diharapkan untuk Anda membawa bukti-bukti terkait, seperti resi pengiriman, kontrak dan surat persetujuan, bahkan bila perlu dokumentasi keadaan serta kondisi barang sebelum dikirim. Selain itu, pastikan sebelumnya Anda telah membuat surat pengajuan klaim kerusakan barang yang ditujukan untuk agen ekspedisinya.

Dalam beberapa kasus, ada beberapa jasa ekspedisi yang memang terkadang enggan bertanggung jawab atas keadan yang seperti itu. namun, ada pula perusahaan ekspedisi yang memang betul-betul mementingkan pelayanan bagi pelanggannya.

Hal ini juga berlaku bagi barang-barang elektronik, barang hilang saat pengiriman, kiriman sampai dengan kondisi lecet, dan hal lainnya.

Yang terpenting, pilihlah agen ekspedisi yang dapat Anda percayai untuk menangani barang yang hendak Anda kirimkan menuju alamat tujuan. Selain itu, pastikan Anda mengemasnya dengan rapi dan tepat supaya barang tersebut terjaga keamanannya. Dengan menggunakan agen atau perusahaan jasa pengiriman yang dapat dipercaya, Anda tidak usah mengkhawatirkan jaminan keamanan barang kiriman yang hendak Anda tujukan.

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00