Daftar Kota di Provinsi Jawa Tengah yang Menjadi Destinasi Ekspedisi Terbesar

Daftar Kota di Jawa Tengah

Sebagai perusahaan terunggul dibidangnya, Mas Cargo Express menghadirkan layanan ekspedisi Jakarta menuju wilayah-wilayah yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Berikut merupakan daftar kota di Jawa Tengah yang menjadi destinasi cargo terbesar.

Sekilas Profil Jawa Tengah

Daftar Kota di Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Kota Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara.

Luas wilayahnya sebesar 32.548 km² atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa.

Pengertian Jawa Tengah secara geografis dan budaya kadang juga mencakup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah dikenal sebagai “jantung” budaya Jawa. Meskipun demikian di provinsi ini ada pula suku bangsa lain yang memiliki budaya yang berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan dengan Jawa Barat. Selain ada pula warga Tionghoa-Indonesia, Arab-Indonesia dan India-Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi ini.

Sebagai provinsi, wilayah ini dibentuk sejak zaman Hindia Belanda. Secara administratif, Provinsi Jawa Tengah terdiri atas 29 kabupaten dan 6 kota. Administrasi pemerintahan kabupaten dan kota ini terdiri atas 545 kecamatan dan 8.490 desa/kelurahan.

Sebelum diberlakukannya Undang-undang Nomor 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah, Jawa Tengah juga terdiri atas 3 kota administratif, yaitu Kota Purwokerto, Kota Cilacap, dan Kota Klaten. Namun sejak diberlakukannya Otonomi Daerah tahun 2001 kota-kota administratif tersebut dihapus dan menjadi bagian dalam wilayah kabupaten.

Menyusul otonomi daerah, 3 kabupaten memindahkan pusat pemerintahan ke wilayahnya sendiri, yaitu Kabupaten Magelang (dari Kota Magelang ke Mungkid), Kabupaten Tegal (dari Kota Tegal ke Slawi), serta Kabupaten Pekalongan (dari Kota Pekalongan ke Kajen).

Kota di Jawa Tengah

Daftar Kota di Jawa Tengah

Sebagai salah satu provinsi besar di Indonesia. Jawa Tengah memiliki enam kota yang menjadi pusat administrasi. Selain sebagai pusat administrasi, kota-kota ini juga merupakan kota yang menjadi destinasi cargo terbesar dari Jakarta maupun wilayah lainnya di Indonesia.

Berikut merupakan penjelasan singkat mengenai enam kota di Jawa Tengah:

  1. Kota Tegal

Kota Tegal adalah salah satu wilayah otonom di provinsi Jawa Tengah. Kota ini pernah menjadi cikal-bakal berdirinya Korps Marinir seperti tercatat dalam Pangkalan IV ALRI Tegal dengan nama Corps Mariniers, pada 15 November 1945. 

  1. Kota Surakarta

Surakarta merupakan sebutan lain untuk Kota Solo. Kota ini adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Sebelah timur Kota Surakarta berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar.

Sementara sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Karanganyar dan di sebelah selatan juga berbatasan dengan Sukoharjo.

  1. Kota Semarang

Mas cargo Express menyediakan layanan jasa ekspedisi express Jakarta-Semarang. Dengan begitu, proses ekspedisi dikedua wilayah ini dapat terlaksana dengan mudah.

Semarang merupakan salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia. Kota ini juga sekaligus sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah

  1. Kota Salatiga

Salatiga adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan sepenuhnya dengan Kabupaten Semarang. Salatiga terletak 49 kilometer di sebelah selatan Kota Semarang dan 52 kilometer di sebelah utara Kota Surakarta, serta berada di jalan negara yang menghubungkan antara Semarang dengan Surakarta.

  1. Kota Pekalongan

Pekalongan adalah salah satu kota pusat pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Batang di timur, serta Kabupaten Pekalongan di sebelah selatan dan barat.

  1. Kota Magelang

Mas Cargo Express menghadirkan jasa pengiriman kilat dan aman Jakarta-Magelang. Karena, permintaan pengiriman di kedua wilayah ini cukup tinggi.

Magelang terletak di tengah kabupaten Magelang. Karena, dulunya kota ini adalah ibu kota dari Kabupaten Magelang sebelum mendapat kebijakan untuk mengurus rumah tangga sendiri sebagai sebuah kota baru.

PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00