Apa Itu Berat Volumetrik

Apa itu volumetrik

Saat melakukan pengiriman barang, pastinya barang kiriman anda akan ditimbang terlebih dahulu oleh pihak perusahaan penyedia jasa ekspedisi, karena hal ini berpengaruh pada biaya atau tarif yang akan dikenakan. Perusahaan penyedia jasa pengiriman barang mempunyai dua cara dalam menghitung berat barang, yaitu dengan menggunakan berat barang dan berat volumetrik. Dimana, biaya pengiriman juga dapat dipengaruhi oleh jumlah ruang yang ditempati, bukan hanya dari berat seseungguhnya (dalam satuan kilogram).

Apa itu berat Volumetrik?

apa itu volumetrik

Beberapa konsumen tidak banyak tahu mengenai berat volumetrik. Kali ini, Mas Cargo Express akan sedikit memberitahu mengenai apa itu berat volumetrik.

Pernahkah anda megirimkan barang dengan berat yang cukup ringan bahkan tidak mencapai satu kilogram sekalipun namun pihak penyedia jasa pengiriman memberikan harga yang tinggi daripada yang seharusnya? Hal ini karena perusahaan penyedia jasa pengiriman barang menggunakan berat volumetrik saat menentukan berat pengiriman yang akan dikirim.

Berat volumetrik atau juga disebut sebagai berat dimensi, merupakan beban yang dihitung berdasarkan volume barang. Berat ini sangat penting untuk diukur karena  akan berdampak pada berat kiriman yang dibebankan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan biaya pengiriman. Barang-barang yang diberi harga menggunakan hasil timbangan volumetrik  disebut sebagai muatan volumetrik.

Berat volumetrik mencerminkan kepadatan suatu paket. Barang yang kurang padat umumnya menempati lebih banyak volume ruang, dibandingkan dengan berat aktualnya. Berat volumetrik selalu dibandingkan dengan berat sesungguhnya. Dimana berat yang paling tinggi adalah berat yang digunakan untuk menentukan harga pengiriman. Misalnya, jika perhitungan berat sesungguhnya lebih besar daripada berat volume maka nilai ukuran yang diambil untuk dasar tarif pengiriman adalah berat sesungguhnya. Begitupun sebaliknya, jika berat volumetrik lebih besar dari berat sesungguhnya maka berat volumetrik digunakan untuk menentukan harga.

Rumus Menghitung Berat Volumetrik

Apa itu volumetrik

Berat Volumetrik adalah berat yang didapat dari hasil perhitungan dengan menggunakan ukuran volume barang yang akan dikirim. Perhitungan ini didasarkan pada kondisi dimana berat sesungguhnya barang ringan akan tetapi memakan tempat (volume besar). Lalu bagaimanakah cara menghitung berat tersebut?

Bagi anda yang ingin mengirimkan barang anda namun perlu mengetahui terlebih dahulu berat barang yang akan dikirimkan karena anda harus mempersiapkan dananya terlebih dahulu, Mas Cargo Express akan memberikan rumus yang digunakan untuk menghitung berat volumetrik ini, yang tentunya telah diakui oleh ASPERINDO atau Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia. Rumus yang digunakan untuk pengiriman adalah anda dapat menghitung dengan mengukur tiga dimensi (panjang, lebar, dan tinggi) dalam sentimeter.

Panjang (…cm) X Lebar (…cm) X Tinggi (…cm) : 5000 dan angka yang dihasilkan akan menjadi berat volumetrik paket tersebut.

Sebagai contoh,  katakanlah anda akan mengirim paket yang mempunyai ukuran sebesar 50 Cm di semua sisi 50 x 50 x 50 = 125.000 / 5.000 = 25Kg. hasil inilah yang digunakan sebagai tolak ukur berat volumetrik.

Namun, perlu diketahui bahwa berat pengiriman yang dihasilkan juga didasarkan pada jalur pengiriman apa yang digunakan, apakah melalui jalur darat, jalur laut, atau jalur udara. Lalu, apakah barang tersebut dikirim dalam jangkauan domestik kah atau sampai ke luar negeri.

Nah, Untuk pengiriman menggunakan jalur udara, biasanya penghitungan rumus volume yang digunakan berbeda dari rumusan diatas yang biasanya digunakan untuk penghitungan melalui jalur darat dan laut. Rumusanya yaitu dengan menjumlahkan Panjang X Lebar X Tinggi : 6000. Contohnya, 100 X 200 X 300 : 6000 = 1000. Jadi perhitungan volumenya dari barang yang di kirim adalah 1000kg.

PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00