Apa Bedanya Volumetrik dan Berat Barang?

perbedaan berat barang dan volumentrik

Dalam menentukan berapa tarif yang akan dikenakan perusahaan jasa pengiriman kepada konsumen, tidak hanya dilihat dari jarak pengiriman, jenis layanan, serta jenis transportasi apa yang digunakan saja namun juga dilihat dari berat barang yang akan dikirimkan tersebut. Dalam menghitung beratpun, perusahaan jasa pengiriman memiliki dua sistem perhitungan, yaitu perhitungan berdasarkan volumetrik dan berat barang, yang tentunya keduanya memiliki perbedaan.

Perbandingan Volumetrik dan Berat Barang

Perbedaan volumentrik dan berat barang

Kedua berat ini sering digunakan sebagai tolak ukur atau perbandingan dalam menentukan harga atau tarif dalam pengiriman barang. Perhitungan berdasarkan volumetrik adalah teknik penetapan harga untuk angkutan barang yang menggunakan perkiraan berat yang dihitung dari panjang, lebar, dan tinggi paket. Atau dengan kata lain perhitungan ini digunakan untuk menghitung dimensi sebuah benda yang akan dikirim. Misalnya, terdapat sebuah paket barang yang harus dikirim, berat dari paket tersebut sangatlah ringan hanya 1,5kg, namun ukurannya cukup besar, memiliki panjang 50cm, lebar, 35cm, dan tinggi 30cm, hal ini tentunya tidak seimbang dengan beratnya. Dalam hal ini tarif yang dikenakan dilihat bukan dari beratnya yang 1,5kg, melainkan ukuran atau dimensi yang dilihat berdasarkan panjangxlebarxtinggi (50x35x30) : 5000 = 10.5, hasil dari formulasi tersebut dikalikan dengan harga yang telah ditetapkan oleh jasa perusahaan pengiriman barang.

Lalu, perhitungan berdasarkan berat adalah teknik penetapan harga untuk angkutan barang yang menggunakan berat dari barang yang seseungguhnya setelah ditimbang menggunakan alat kiloan. Misalnya, sebuah perusahaan jasa memasang tarif pengiriman kesuatu tempat sebesar Rp. 14.000/Kg, da nada konsumen yang akan mengirim paket seberat 2Kg, maka tarif yang akan dibebankan kepada konsumen itu adalah sebesar (14×2) Rp. 28.000.

Untuk menentukan apakah suatu barang akan dikenakan tarif berdasarkan berat atau berdasarkan volumetric dapat dilihat dengan jumlah mana yang lebih besar ongkos kirimnya. Kalau sebuah paket memiliki berat sebesar 5 kg, dam perhitungan volumetriknya hanya 2kg, tentu saja perhitungan yang akan digunakan adalah berdasarkan berat, karena itu yang lebih besar.

Perhitungan volumetrik sendiri menjadi perhitungan yang diunggulkan oleh beberapa perusahaan penyedia jasa pengiriman barang sekarang ini, tentunya hal ini didorong oleh beberapa kelebihan yang tentunya tidak hanya dirasakan oleh perusahaan itu sendiri, melainkan juga bagi konsumen.

Kelebihan dan Kekurangan Volumetrik

perbandingan volumentrik

Akhir-akhir ini, semakin banyak perusahaan pengiriman barang yang menggunakan sistem berat volumetrik sebagai patokan dalam menentukan harga pengiriman. Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan mengapa demikian? Ternyata, berat barang yang sesungguhnya bukan merupakan cara terbaik bagi perusahaan pelayanan pengiriman barang untuk menentukan harga.

Berat barang yang sesungguhnya seperti yang dapat dibayangkan adalah berat yang dihitung berdasarkan berat total barang yang merupakan gabungan dari berat kemasan (bungkus) serta isi yang tersimpan didalam kemasan. Hal ini tentunya terlepas dari ukuran, bentuk, atau kepadatannya.

Lalu, berat volumetrik adalah berat yang dihitung berdasarkan pengukuran volume (panjangXlebarXtinggi).

Jika dilihat lebih teliti, penerapan sistem perhitungan volumetrik, dikenakan dengan harga yang lebih tinggi daripada perhitungan berat barang yang sesungguhnya. Hal ini tentunya memberikan keuntungan bagi para perusahaan penyedia jasa, karena dengan beban pengiriman barang yang sedikit, mereka mendapat pendapatan yang lebih.

Namun, dengan menggunakan perhitungan ini tentunya parusahaan harus berfikir lebih bagaimana pengemasan yang harus dilakukan lebih efektif lagi agar tidak banyak memakan tempat.

Bagi konsumen, kekurangan dengan digunakannya perhitungan ini tentunya harus mengeluarkan biaya lebih. Namun, keuntungannya adalah memotivasi pelanggan untuk memperbaiki efisiensi dengan menggunakan kemasan yang lebih ringkas dan ramah lingkungan, sehingga akan mengurangi volume pengiriman yang dapat mengurangi biaya pengiriman.

PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00