Mengetahui Apa Itu Black Market

Apa Anda pernah mendengar istilah black market? Dan apa itu black market? Kita mengenal istilah tersebut dengan sebutan lain, yaitu pasar gelap yang dapat diartikan sebagai sejenis kegiatan ekonomi atau transaksi yang tidak mendapatkan keabsahan secara hukum. Transaksi yang di maksud di sana bisa dilakukan dengan cara menjual atau membeli barang-barang ilegal (contohnya seperti obat-obatan terlarang, senjata, dan barang berbahaya lainnya) atau barang yang tidak terkena pajak karena penyelundupan.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Black Market

apa itu black market

Pasar gelap, sesuai dengan istilahnya, seperti yang sebelumnya telah dikatakan merupakan sebuah proses transaksi atau perdagangan dengan cara ilegal. Biasanya, perdagangan tersebut dilakukan di luar jalur resmi atau prosedur perdagangan yang telah ditentukan oleh hukum negara yang terlibat ke dalamnya. Di Indonesia, perdagangan yang diberlakukan adalah yang tidak melanggar undang-undang, kesusilaan, maupun ketertiban umum.

Banyak pihak yang akan dirugikan karena adanya pasar gelap ini, salah satunya kerugian bagi negara yang dilibatkan. Karena biasanya, barang-barang yang dijual melalui pasar gelap merupakan barang yang lepas dari perihal pajak juga lisensi yang sah. Hal ini juga dapat berakibat pada matinya produksi sebuah barang orisinil karena biasanya barang yang dijual di black market cenderung berharga “miring” atau jauh lebih murah dari harga  nornal di pasar resmi. Selain itu, masyarakat cenderung lebih memilih barang yang lebih murah.

Kelebihan Membeli Barang dari Black Market

apa itu black market
apa itu black market

1. Harga Barang Lebih Murah

Alasan kebanyakan orang dalam membeli barang ilegal yang dijual di pasar gelap biasanya karena barang dibadrol dengan harga yang tidak biasa alias jauh lebih murah. Sekilas, barangkali hal tersebut menguntungkan bagi konsumen sekaligus penjual (di black market). Meskipun hal tersebut sangat dilarang dan akan berurusan dengan hukum serta undang-undang, tidak dapat dipungkiri bahwa peminat barang black market tak pernah surut. Transaksinya pun biasanya tidak sulit, bahkan dapat dilakukan secara online.

2. Bisa Mendapatkan Barang yang Terbatas

Selain berharga murah, alasan konsumen mau membeli barang dari pasar gelap selanjutnya dikarenakan ada beberapa barang yang dijual terbatas dan tidak semua orang bisa mendapatkannya. Contohnya gadget dengan merk X diproduksi secara terbatas dengan harga sekian, lalu karena besarnya permintaan produk tersebut para penjual pun mengambil peluang dengan cara menjual produk yang diselundupkan. Terkadang, barang yang satu ini justru harganya bisa lebih tinggi dari harga pasarannya.

Kekurangan dari Penjualan Black Market

apa itu black market

1. Barang yang Dibeli Tidak Bergaransi Resmi

Hal pertama yang dipikirkan ketika membeli barang di pasar gelap adalah garansi. Benar sekali jika kita membeli barang secara ilegal maka, kita tidak akan mendapatkan garansi resmi. Biasanya, barang tersebut merupakan produk yang tidak dipasarkan dan juga tidak memiliki brand di dalam negeri. Sehingga layanan garansi resmi tidak akan tersedia.

2. Barang yang Didapat Belum Tentu Orisinil

Selain tidak mendapat garansi resmi, kekurangan dari transaksi atau membeli barang melalui black market adalah belum tentu orisinil atau asli. Selain itu, bukan hanya barang replika atau tiruan, barang yang dijual di pasar gelap biasanya juga adalah barang rekondisi alias barang rusak yang telah diperbarui. Hal ini tentu akan memberi risiko karena memakai barang-barang hasil pembelian di pasar gelap. Meskipun barang yang dibeli sangat murah, tentu keaslian dari produk yang dibeli patut untuk dipertanyakan.

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00