Mengenal Lebih Dekat Mengenai Model Pemasaran Suatu Produk

saluran distribusi merupakan pengelompokan distribusi

Saluran distribusi adalah penyalur atau lembaga distributor yang memiliki kegiatan sebagai penyalur produk dari produsen kepada konsumen. Dalam bidang penjualan barang atau jasa, jalur distribusi merupakan titik penjualan yang akan dilewati suatu produk ataupun jasa menuju ke pihak konsumen akhir.

Jenis-Jenis Saluran Distribusi

saluran distribusi dan jenisnya

Pada suatu proses distribusi yang dilakukan, ada beberapa model atau jenis distribusi yang biasa dipilih oleh produsen. Beberapa contohnya ialah sebagai berikut :

Sebelum Baca sampai akhir alangkah bijaknya mengetaui apa itu distribusi

Produsen ke konsumen

Jenis jalur distribusi yang satu ini dikirimkan langsung dari produsen ke konsumen tanpa perantara. Dalam hal ini team dari pabrik akan langsung mengirimkan produk mereka kepada konsumen. Bisa pula dengan memakai pihak ketiga yang merupakan jasa pengiriman barang.

Jenis atau model distribusi dari produsen ke konsumen umumnya diterapkan pada produk yang memerlukan penanganan khusus. Cara ini juag cocok untuk penyaluran produk yang berharga dan dibuat secara ekslusif. Dalam hal ini, pihak produsen tidak menjual produk yang dibuat secara sembarangan.

Pembuatan barang secara ekslusif dilakukan agar produk yang dibuat tidak mudah ditiru oleh pihak lain. Tujuan lainnya adalah agar monitoring produk juga lebih mudah dilakukan.

Produsen ke pedagang besar lalu pengecer dan konsumen

Jenis distribusi selanjutnya ialah dari produsen menuju ke pedagang besar lalu pengecer dan konsumen. Model ini hanya melayani pembelian dalam suatu partai besar yang umumnya hanya dimiliki oleh pedagang besar. Jika produk sudah berada di lingkup pedagang besar, baru kemudian akan dipasarkan kepada pengecer atau retailer.

Produsen menuju pengecer lalu ke konsumen

Dalam jenis saluran ini, maka produk yang disalurkan kepada konsumen akan melalui pengecer terlebih dahulu baru ke konsumen. Pengecer disini umumnya adalah pedagang besar dengan fungsi distribusi ritel.

Jadi, produsen tidak melayani konsumennya secara langsung. Hal ini dikarenakan pembelian ritel harsu dilakukan dalam skala yang besar. Di sisi lain, produsen juga tidak melayani pembelian grosiran.

Produsen menuju agen ke pedagang besar lalu pengecer dan konsumen

Pada metode ini, barang akan diambil dari produsen oleh agen lalu disalurkan kepada pedagang besar. Setelah itu, penyaluran barang akan dilanjutkan kepada para pengecer untuk dijual kepada konsumen.

Produsen menuju distributor dan konsumen

Dalam model yang satu ini, terjadi percampuran dalam jenis distribusinya. Hal ini dimungkinkan terjadi karena terkadang terdapat jalan distribusi yang melakukan kegiatan penjualan pada partai besar juga eceran. Bahkan meeka bisa juga langsung melayani langsung ke konsumen akhir dari produk yang dijual.

Produsen menuju agen lalu pengecer dan konsumen

Dalam model ini, produsen akan menjual produknya menuju agen. Selanjutnya agen akan langsung melakukan penyaluran barang menuju ke pengecer tanpa melalui pedagang besar.

Produsen menuju agen lalu pedagang besar dan konsumen

Pada jenis atau model distribusi yang satu ini, konsumen yang dimaksud umumnya bukanlah perorangan namun pemakai akhir dari produk terkait. Sebagai contoh adalah restoran atau hotel yang membeli bahan makanan bisa berupa beras minyak dan lain-lain dalam partai besar.

Butuh Jasa Penyaluran Barang Klik Disini

Saluran distribusi memiliki fungsi dalam menyalurkan suatu produk dari produsen menuju ke konsumen. Hal ini tentu sangat diperlukan dalam penyebaran produk yang dibuat ke lebih banyak konsumen Produsen hanya perlu memilih jenis penyaluran barang seperti apa yang cocok dengan kinerja penjualan mereka.


PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo
Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00