Apa itu Distribusi Menurut Para Ahli dan Fungsinya

penjelasan distribusi

Pengertian distribusi sendiri sebenarnya cukup sederhana. istilah ini bisa diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menyalurkan produk entah berupa barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Dengan adanya kegiatan ini, maka memungkinkan produk tersebut bisa tersebar luaskan.

Apa Itu Distribusi Menurut Para Ahli

pengertian distribusi lengkap

Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran. Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan).

Ada pula yang mengartikan distribusi sebagai suatu kegiatan untuk memasarkan produk. Tujuannya ialah untuk memudahkan penyampaian produk dari produsen kepada pihak konsumen.

Inti dari arti distribusi di atas adalah penghubung antara kegiatan produksi serta konsumsi. Jadi, bisa dipahami jika distribusi memiliki peran yang penting untuk menghubungkan produsen serta konsumen terkait dengan pemasaran produk.

Adapun lembaga yang termasuk dalam saluran distribusi ini adalah distributor, konsumen serta produsen.

Selain pengertian di atas, ada juga definisi distribusi dari para ahli. Yang pertama ialah menurut Basu Swastha. Definisi distribusi adalah saluran pemasaran yang dilakukan oleh pembuat produk untuk mengirimkan produknya ke industri atau konsumen.

Sementara menurut Soekartawi, distribusi adalah aktivitas untuk menyalurkan atau mengirimkan produk berupa barang atau jasa. Kegiatan ini bertujuan agar produk bisa sampai ke tangan konsumen akhir.

Fungsinya Dari Distribusi

Pengertian distribusi terpercaya

Sementara itu, ada beberapa fungsi distribusi yang perlu anda tahu. Beberapa diantaranya ialah sebagai ajang promosi, penyaluran, pembelian serta klasifikasi. Berikut penjelasannya :

1.Berperan Penting Dalam Pembelian Produk

Kegiatan pembelian barang atau produk merupakan langkah atau proses awal dari kegiatan distribusi produk. Meski demikian, jika penyaluran yang dilakukan dari produsen ke pihak konsumen dilakukan secara langsung, maka proses yang satu ini tidaklah berlaku.

2.Membantu Pengklasifikasian Produk

Begitu proses pembelian barang atau produk selesai dilakukan, ada kegiatan pengklasifikasian barang menurut jenis serta fungsinya. Hal ini dilakukan supaya pemasaran serta penghitungan barang menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

3.Sebagai Promosi Barang atau Produk

Jika proses klasifikasi barang telah dilakukan, akan terjadi proses promosi barang. Proses ini ialah untuk memperkenalkan barang tersebut kepada masyarakat atau khalayak yang berperan sebagai konsumen.

Adapun proses memperkenalkan barang kepada konsumen, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Contohnya ialah seperti halnya memasang di display ataupun estalase toko atau dengan menawarkan secara langsung kepada konsumen.

Selain cara promosi barang tersebut, ada juga cara yang dirasa lebih jitu untuk dilakukan. Salah satunya ialah dengan mengiklankan produk ke berbagai media. Dimana salah satunya adalah media online.

4.Untuk Penyaluran Produk

Penyaluran produk merupakan aktivitas utama dari suatu kegiatan distribusi. Penyaluran produk dilakukan untuk menyampaikan produk berupa jasa ataupun barang kepada pihak konsumen. Proses yang satu ini harus dilakukan secara tepat dan juga cepat supaya distributor mendapatkan keuntungan dari kegiatan distribusi yang dilakukan.

Melalui kegiatan distribusi yang tepat, maka keuntungan yang bisa didapatkan dari kegiatan penyampaian barang ke konsumen juga semakin banyak. Dalam hal ini, ketepatan waktu juga menjadi hal yang penting yang mempengaruhi kelancaran distribusi.

Penyampaian produk secara baik ini memiliki banyak keuntungan. Salah satunya ialah sangat perlu dilakukan supaya konsumen tidak berpindah produk karena pelayanan yang anda berikan sudah sangat memuaskan. Itulah pengertian distribusi berserta dengan penjelasan mengenai fungsinya yang sangat penting. Maka bagi pemilik bisnis hendaknya mulai mencari cara pendistribusian produk yang tepat dan cepat.


PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo
Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00