Kelebihan dan Kekurangan Ekspedisi Barang Via Cargo Udara

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Barang Lewat Udara

Kelebihan dan kekurangan pengiriman barang lewat udara menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Terutama ialah bagi anda yang ingin mengirim barang antar kota bahkan antar negara. Pengiriman barang sendiri bisa dilakukan melalui jalur laut, darat hingga udara.

Jalur udara menjadi salah satu pengiriman barang yang cukup banyak dipilih. Khususnya jika ingin pengiriman yang lebih cepat, aman dan praktis. Inilah mengapa anda perlu tahu lebih dalam mengenai jenis cargo atau ekspedisi ini.

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Barang Lewat Udara

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Barang Lewat Udara

Pengiriman barang lewat udara memiliki banyak kelebihan yang sebaiknya anda pertimbangkan. Beberapa kelebihan yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

Lebih tepat waktu

Salah satu kelebihan yang bisa didapatkan dengan mengirimkan barang lewat udara sdalah ketepatan waktu. Bagi anda yang ingin mengirimkan barang ke lokasi yang jauh namun butuh waktu cepat, maka ekspedisi ini bisa dijadikan sebagai solusi. Pesawat udara memiliki kecepatan cukup tinggi dibandingkan jenis tranportasi yang lain dengan jadwal yang sangat jarang tertunda.

Solusi perbedaan geografis antar wilayah

Banyak yang ingin mengirimkan barang ke negara lain. Tentunya hal ini bukanlah hal sederhana. Kondisi ini terkadang menyulitkan bagi pihak pengirim barang terutama saat ingin mengirimkan barang mereka ke suatu lokasi yang jauh apalagi terpencil. Penggunaan kargo pesawat terbang tentu sangat membantu dalam pengiriman barang.

Melihat Kekurangan Ekspedisi Udara

Kargo udara merupakan solusi tepat bagi anda yang buru-buru ingin mengirimkan barang bahkan dalam hitungan jam saja. Meski demikian, penggunaan ekspedisi pengiriman via udara tidak luput dari kekurangan yang harus diperhatikan.

Baca juga Apa Saja Resiko dan Manfaat Layanan Ekspedisi Barang

Beberapa kekurangan pengiriman barang lewat kago udara antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mahal => Salah satu kendala bagi sebagian orang dalam menggunakan kargo udara adalah biayanya yang mahal. Hal ini tidak luput dari kecepatan serta banyaknya lokasi yang bisa dijangkau dengan kargo udara, sehingga mempengaruhi harga dari ongkos kirim.
  • Tergantung cuaca => Pengiriman suatu barang menggunakan pesawat terbang tentu tergantung cuaca. Ketika cuaca sedang buruk dan pesawat tidak bisa terbang, maka penundaan pengiriman bisa saja terjadi. Hal ini tentu berpengaruh pada keterlambatan pengiriman barang anda sampai ke tangan pelanggan.
  • Pesawat dengan ukuran besar tidak cocok untuk bandara yang kecil => Meski lokasi jangkauannya luas namun pesawat terbang membutuhkan lokasi pendaratan yang cocok dengan ukuran mereka. Ketika bandara yang digunakan untuk melakukan pendaratan terlampau kecil maka pesawat tidak dapat menggunakannya untuk mendarat. Dibutuhkan bandara dengan ukuran yang tepat sesuai dengan badan pesawat.
  • Suara keras dan polusi tinggi => Penggunaan kargo pesawat bisa menyebabkan pencemaran udara berlebih sehingga meningkatkan terjadinya polusi udara. Selain itu, pesawat terbang menimbulkan suara keras dan bising terlebih saat melakukan penerbangan dengan jarak rendah.

Cara Mengirimkan Barang Via Cargo Udara

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Barang Lewat Udara

Di atas telah disebutkan berbagai kelebihan dan kekurangan cargo udara. Jalur ekspedisi ini hingga kini tetap menjadi pilihan banyak orang.

Bagi anda yang ingin mengirimkan barang lewat cargo udara, bisa memperhatikan detail –detail yang berikut ini:

  • Tentukan berat kiriman => Menentukan berat kiriman bisa menggunakan 2 cara yakni berdasarkan volume barang kiriman dan berdasarkan berat aslinya.
  • Pengisian STTP => Pengisian STTP atau Surat Tanda Terima Pengiriman dilakukan oleh kurir cargo secara detail, lengkap dan jelas.
  • Ukuran barang yang dikirim => Barang yang dikirim harus sesuai dengan pintu masuk pesawat. Adapun ukuran yang disarankan adalah lebar maksimal 110 cm dengan tingginya 80 cm serta panjang maksimal 150 cm.

Melalui ulasan di atas terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan pengiriman barang lewat udara yang harus anda perhatikan. Selain pengiriman lewat udara ada juga pengiriman via laut dan darat yang bisa anda gunakan. Pemilihannya tergantung kebutuhan, perhitungan waktu tiba barang dan budget yang disediakan.


PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo
Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support

Een Handayani

Online

Customer Support 02

Nazwa

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Een disini Ada yang bisa saya bantu kak ? 00.00

Nazwa

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00