Kelebihan dan Kekurangan Ekspedisi Cargo Via Darat

kelebihan dan kekurangan pengiriman barang lewat darat

Kelebihan dan kekurangan pengiriman barang lewat darat merupakan hal penting untuk diperhatikan bagi yang ingin mengirim barang. Jalur ini menjadi alternatif yang mudah dan hemat sekaligus aman. Jadi tak heran jika banyak yang memanfaatkannya untuk ekspedisi barang. Selain itu, adanya ekspedisi yang professional makin memudahkan siapa saja yang membutuhkan jasa ini.

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Barang Lewat Darat

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Barang Lewat Darat

Untuk ekspedisi via darat, akan disediakan armada yang mampu mengangkut barang yang dikirim. Armada ini bisa menempuh hingga antar kota, provinsi bahkan pulau. Dengan semua yang dimiliki, baik pelayanan maupun tariff, jasa ini memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan ekspedisi lewat darat

Sama seperti pengiriman via laut ataupun udara, pengiriman lewat darat juga memiliki beberapa kelebihan.Kelebihan tersebut menjadi pertimbangan bagi masyarakat dalam mengirimkan barang ke berbagai tempat. Adapun beberapa kelebihan pengiriman barang lewat darat, adalah seperti yang berikut ini.

  • Harga yang lebih terjangkau => Salah satu kelebihan yang ditawarkan dalam pengiriman barang lewat darat adalah harga yang lebih murah. Biaya pengiriman tentu berbeda dengan ongkos yang harus anda bayarkan jika menggunakan cargo lewat di laut ataupun udara. Bahkan bisa dikatakan bahwa jalur ini adalah yang paling murah.
  • Tidak melalui prosedur yang rumit => Keunggulan lainnya menggunakan pengiriman barang lewat darat adalah tidak melalui prosedur yang rumit. Meski anda tetap harus mengisi beberapa data namun tetap saja dokumen yang harus dilengkapi tidaklah serumit jika anda menggunakan jasa pengiriman lewat jalur udara maupun laut. Dokumen yang dibutuhkan cukup sederhana dan mempercepat semua urusan pengiriman.
  • Pengiriman barang dengan ukuran yang lebih beragam => Keuntungan selanjutnya adalah anda tidak perlu khawatir mengenai ukuran barang yang hendak anda kirimkan. Anda bisa mengirim barang dengan ukuran yang beragam. Bahkan melalui jalur darat, anda juga bisa mengirimkan barang ukuran besar. Misalnya ialah sepeda motor dan barang lainnya.

Selain beberapa kelebihan di atas, pengiriman barang lewat darat juga memiliki beberapa kekurangan, seperti :

  • Barang yang dikirim tercampur dengan barang milik orang => Salah satu kekurangan menggunakan jasa ekspedisi kargo darat adalah resiko barang yang tercampur dengan barang orang lain. Hal ini bisa saja memicu terjadinya barang pengirim yang tertukar satu dengan yang lainnya.
  • Perlu menunggu loading barang dengan pengirim lain => Resiko selanjutnya adalah barang yang dikirimkan tidak serta merta langsung dikirim namun masih menunggu loading barang dari pengirim lain. Hal ini dikarenakan, ongkos kirim yang cenderung lebih murah sehingga harus menunggu kontainer terisi penuh dulu barulah barang dikirimkan. Hal ini bisa ditemui dalam pengiriman via container LCL atau full container load.
  • Beresiko rusak => Kekurangan lainnya adalah barang beresiko mengalami kerusakan. Hal ni dikenakan barang yang tercampur dengan banyak barang lainnya sehingga mampu memperbesar terjadinya kerusakan.

Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Ekspedisi Barang Via Cargo Udara

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengirim Barang

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Barang Lewat Darat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin melakukan pengiriman barang. Adapun salah satunya adalah mencari informasi mengenai kekurangan dan kelebihan cargo barang. Anda juga perlu tahu kualitas dari ekspedisi pengiriman barang. Jangan sampai hanya untuk mengejar harga yang murah lantas kualitas ekspedisi anda abaikan. serta harus tau juga kelebihan dan kekurangan pengiriman barang lewat darat

Selain masalah diatas, ada juga harus mencari jasa pengiriman barang dengan jaringan yang cukup luas. Semakin luas jangkauan ekspedisi yang bersangkutan maka semakin luas juga wilayah yang bisa yang dicapai. Terlebih bagi anda yang memiliki pelanggan dengan lokasi yang terpencil, maka jangkauan ekspedisi menjadi hal wajib utuk diperhatikan.

Baca juga Apa Saja Resiko dan Manfaat Layanan Ekspedisi Barang

Penting juga bagi anda untuk mencari ekspedisi yang mudah diakses pengirimannya. Fitur untuk mengecek sampai dimana barang pesanan sangat membantu para penjual ataupun pihak pelanggan untuk tahu kondsi produknya. Tanpa fitur pegecekan, maka pengirim akan kesulitan memantau status barang yang dikirimkan.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan pengiriman barang lewat darat. Semua ulasan di atas bisa jadi pertimbangan dalam menentukan jasa cargo darat yang terbaik. Selanjutnya akan turut membantu semua bisnis yang membutuhkan pengiriman barang yang cepat, aman, dan juga terpercaya.


PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo
Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support

Een Handayani

Online

Customer Support 02

Nazwa

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Een disini Ada yang bisa saya bantu kak ? 00.00

Nazwa

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00