Pengertian Impor dan Manfaatnya Dalam Suatu Bisnis

pengertian dan penjelasan impor adalah

Impor adalah suatu proses transportasi barang ataupun komoditas dari negara asal ke negara lain secara sah dimata hukum. Kegiatan ini umumnya dilakukan dalam suatu proses perdagangan. Keberadaan aktivitas ini memiliki pengaruh yang begitu besar terutama untuk memenuhi kebutuhan produk pada suatu negara.

Mengenal Pengertian Impor

pengertian impor adalah

Apa yang dimaksud dengan impor? Secara singkat, pengertian istilah tersebut sudah dijelaskan di atas. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak beberapa penjelasan mengenai impor seperti yang di bawah ini.

  • Menurut undang-undang no 10 tahun 1955 mengenai kepabeanan => Impor merupakan suatu kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean.
  • Menurut kamus besar bahasa indonesia (2001:447) => Pengertian impor yaitu pemasukan barang dan sebagainya dari luar negeri.

Dari penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan jika impor merupakan suatu kegiatan untuk memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Seringkali tujuan ini dimaksudkan untuk bisnis. Baik perorangan, perusahaan hingga instansi bisa melakukan kegiatan ini dengan peraturan yang berlaku.

baca juga Pengertian Distributor dan Peran Pentingnya

Impor Adalah Kegiatan Bermanfaat Bagi Negara

arti impor adalah

Kegiatan impor pada suatu negara memiliki pengaruh yang cukup besar terkait dengan perekonomian negara tersebut. Selain itu bisa pula memberikan manfaat bagi individu maupun perusahaan / kelompok. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan banyak orang dari kegiatan tersebut :

  • Untuk menjaga kestabilan harga => Manfaat impor yang pertama adalah untuk menjaga kestabilan harga. Sebagai contoh, pada saat bulan ramadhan, harga daging mengalami kenaikan yang terbilang tidak wajar. Untuk mengatasinya, kegiatan impor daging bisa menurunkan harga daging di pasaran. Ketersediaan daging yang tidak lagi langka, membuat harga kembali stabil.
  • Mendapatkan bahan baku berkualitas => Industri dalam negeri entah dalam bentuk produk pangan atau bahkan elektronik terkadang melakukan kerjasama dengan pihak luar. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas. Terkadang ada beberapa barang atau komponen yang berkualitas namun hanya bisa didapatkan negara lain.
  • Memperoleh jasa atau barang yang tidak dihasilkan di negeri sendiri => Ada beberapa barang ataupun jasa yang hanya bisa dicukupi melalui proses impor. Hal ini terjadi ketika barang atau jasa tersebut hanya bisa diperoleh dari negara penghasil dari produk terkait. Keterbatasan SDM hingga teknologi bisa menjadi alasannya.
  • Untuk mendapatkan teknologi modern => Ada beberapa negara yang memiliki kemajuan dalam bidang teknologi yang cukup tinggi. Beberapa negara lainnya yang membutuhkan teknologi tersebut bisa membelinya dari negara terkait. Di sinilah peran penting kegiatan import bagi suatu negara.

Beberapa Hal Terkait Proses Impor

penjelasan impor adalah

Import bisa pula menjadi solusi dalam mendapatkan produk lebih murah. Misalnya ialah negara China yang memberikan tawaran harga murah. Karenanya, bisnis ini makin menguntungkan untuk dilakukan. Untuk itu, ada beberapa proses yang harus dilakukan dalam suatu kegiatan tersebut, seperti :

  • Menentukan jenis produk yang hendak dibeli atau diimpor
  • Menentukan negara asal yang akan diimpor
  • Membuat kesepakatan antar kedua negara mengenai produk terkait
  • Menentukan langkah pembayaran yang akan digunakan dalam kegiatan impor
  • Mengurus perizinan produk impor yang meliputi perijinan pokok dan perijinan khusus
  • Menentukan pihak mana yang akan mengatur produk yang hendak diimpor
  • Menentukan kapan pengiriman produk impor akan dilakukan
  • Melakukan kegiatan impor terhadap produk seperti halnya mengurus pengangkutan barang serta mengurus pengambilan dokumen. Selain itu diperlukan juga proses pengeluaran produk serta melakukan pengiriman barang menuju gudang importir

Dari ulasan diatas, bisa disimpulkan jika impor adalah suatu kegiatan untuk memasukkan produk dari luar negeri ke dalam negeri secara resmi. Adanya impor tentu sangat membantu siapapun mendapatkan keuntungan ekonomis yang tinggi.


PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo
Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : [email protected]

Rate this post