Pengertian Ekspor dan Manfaatnya Dalam Bisnis Suatu Negara

manfaat dan kelebihan eksport adalah

Ekspor adalah penjualan barang dari dalam negeri ke luar negeri menggunakan sistem pembayaran serta kualitas produk yang telah disetujui bersama. Keberadaan perdagangan dengan sistem ekspor tentu sangat membantu terutama untuk meningkatkan perekonomian.

Kegiatan ini makin mudah dilakukan. Terlebih, di  Indonesia pemerintah telah menerapkan syarat yang tidak terlalu rumit bagi perusahaan yang ingin mengekspor produk mereka. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi para pebisnis atau pengusaha. Belum lagi adanya perusahaan pengiriman yang turut membantu kegiatan tersebut.

Mengenal Ekspor dari Berbagai Sumber

pengertian ekspor adalah

Apa yang dimaksud dengan eksport? Bagi yang tertarik dalam kegiatan ini terutama untuk bisnis, maka harus lebih dalam mengenalnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak beberapa pengertian ekspor menurut para ahli yang berikut ini:

  • Menurut Amir (2004) => Upaya untuk menjual barang yang dimiliki kepada negara asing menggunakan bahasa asing dan mengharapkan pembayaran dalam bentuk valuta asing.
  • Menurut Utomo dan Triyoso (2004) => Sistem perdagangan yang dilakukan dengan mengirimkan barang menuju luar negeri sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Menurut Curry (2001) => Barang ataupun jasa yang dijual ke negara lain untuk kemudian ditukarkan menjadi uang atau produk.

Baca juga Pengertian Impor dan Manfaatnya Dalam Suatu Bisnis

Ekspor Adalah Kegiatan Yang Penuh Manfaat

manfaat ekspor adalah

Dalam dunia perdagangan, ekspor memiliki begitu banyak manfaat. Manfaat ini bisa dirasakan oleh individu, perusahaan hingga oleh negara. Beberapa manfaatnya bisa anda lihat di bawah ini :

  • Memperluas pasar serta meningkatkan keuntungan => Para pengusaha terkadang menggunakan mesin produksi mereka secara kurang maksimal. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kelebihan produksi sementara permintaan pasar cenderung terbatas. Dengan adanya ekspor, pengusaha bisa memaksimalkan kinerja mesin dan menjual kelebihan produksi ke luar negeri.
  • Memperluas lapangan kerja => Manfaat ekspor selanjutnya adalah untuk memperluas kesempatan kerja. Dengan adanya ekspor, para pengusaha akan menyerap tenaga kerja lebih. Hal ini dilakukan demi memenuhi permintaan pasar akan produk mereka. Manfaat ekspor yang satu ini tentu sangat menguntungkan terlebih dengan banyaknya pengangguran yang ada.
  • Menciptakan hubungan baik antar negara => Ekspor juga mampu membuat hubungan antara kedua negara menjadi lebih baik dengan melangsungkan kegiatan perdagangan bersama.

Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan, tidak heran jika kegiatan ekspor sangat berpengaruh para keadaan ekonomi suatu bangsa. Kegiatan ini juga membantu individu maupun perusahaan dalam merambah pasar yang lebih luas lagi.

Ekspor dari Negara Indonesia

penjelasan ekspor adalah

Sebagai bagian dari suatu negara yang aktif dalam perdangan luar negeri, ada produk unggulan dari Indonesia. Karena hal inilah, maka terbuka lebih luas lagi pasar dan juga kesempatan membuka usaha yang lebih besar lagi. Berikut ini produk unggulan yang diekspor ke luar negeri :

  • Produk karet => Salah satu produk ekspor dari Indonesia adalah karet mentah serta produk dari karet. Hal ini tidak lepas dari predikat Indonesia sebagai produsen karet terbesar kedua di dunia. Bahkan sejak tahun 1980an, industri ini mengalami pertumbuhan produksi karet yang cukup stabil.
  • Tekstile => Produk ekspor dari Indonesia yang kedua adalah tekstile. Keberadaan sektor manufaktur yang satu ini memiliki peran yang cukup besar dalam berbagai hal. Mulai dari memenuhi sandang nasional, menyerap tenaga kerja yang besar hingga penyumbang devisa negara.
  • Elektronik => Produk elektronik menjadi salah satu produk ekspor unggulan dari Indonesia. Ada beberapa negara yang menjadi negara tujuan ekspor elektronik seperti Malaysia, Filiphina dan Singapura.
  • Sawit => Indonesia memiliki kekayaan alam yang begitu luar biasa. Indonesia bahkan menjadi negara penghasil kelapa sawit serta produk turunannya nomor satu di dunia. Negara tujuan ekspor sawit antara lain adalah pakistan, Singapura, Bangladesh, China, Rusia dan lain sebagainya.
  • Alas kaki => Indonesia menjadi satu dari lima negara eksportir alas kaki terbesar di dunia. Tidak heran jika manufaktur satu ini lantas mampu meraup banyak tenaga untuk dipekerjakan. Beberapa negara tujuan ekspor alas kaki Indonesia adalah China, Belgia serta Amerika Serikat.

Baca juga Mengenal Lebih Dekat Mengenai Model Pemasaran Suatu Produk

Menurut uraian di atas, maka bisa disimpulkan jika ekspor adalah salah satu faktor penentu perekonomian suatu negara. Dengan adanya ekspor, maka pendapatan atau devisa negara akan mengalami peningkatan yang lebih baik. Selain itu kesejahteraan masyarakatnya juga akan meningkat dengan makin mudahnya melakukan kegiatan perdagangan ini.


PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo
Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00