Kota di Provinsi DI Yogyakarta yang Menjadi Destinasi Cargo Terbesar

Pengiriman barang jakarta-DI Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta atau biasa disingkat DIY merupakan salah satu daerah otonom setingkat provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi ini beribukota di Yogyakarta. Berikut merupakan daftar kota di DI Yogyakarta yang menjadi tujuan pengiriman barang.

Sekilas Profil DI Yogyakarta

Pengiriman Barang Jakarta-DIY

Status sebagai Daerah Istimewa berkenaan dengan runutan sejarah berdirinya provinsi ini, baik sebelum maupun sesudah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurut Babad Gianti, Yogyakarta atau Ngayogyakarta (bahasa Jawa) adalah nama yang diberikan Paku Buwono II (raja Mataram tahun 1719-1727) sebagai pengganti nama pesanggrahan Gartitawati.

Yogyakarta berarti Yogya yang kertaYogya yang makmur, sedangkan Ngayogyakarta Hadiningrat berarti Yogya yang makmur dan yang paling utama. Sumber lain mengatakan, nama Yogyakarta diambil dari nama (ibu) kota Sanskrit Ayodhya dalam epos Ramayana. Dalam penggunaannya sehari-hari, Yogyakarta lazim diucapkan Jogja(karta) atau Ngayogyakarta (bahasa Jawa).

Sebelum Indonesia merdeka, Yogyakarta sudah mempunyai tradisi pemerintahan karena Yogyakarta adalah Kasultanan, termasuk di dalamnya terdapat juga Kadipaten Pakualaman. Daerah yang mempunyai asal-usul dengan pemerintahannya sendiri, di jaman penjajahan Hindia Belanda disebut Zelfbesturende Landschappen. Di jaman kemerdekaan disebut dengan nama Daerah Swapraja.

Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat berdiri sejak 1755 didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sultan Hamengku Buwono I. Kadipaten Pakualaman, berdiri sejak 1813, didirikan oleh Pangeran Notokusumo, (saudara Sultan Hamengku Buwono II ) kemudian bergelar Adipati Paku Alam I.

Di Provinsi Yogyakarta ada begitu banyak destinasi wisata yang bagus untuk dikunjungi. Ditempat inilah semua jenis wisata mulai berbau budaya hingga permainan penantang adrenalin pun tersedia. Keraton Yogyakarta, Borobudur, Taman Sari, Malioboro, Monumen Jogja Kembali, Pantai Parang Tritis, Pantai di wilayah Gunung Kidul, dan masih banyak lagi tujuan yang siap memanjakan anda. Tidak heran jika kawasan ini sering menjadi tujuan wisata baik bagi wisatawan dalam ataupun manca.

Hanya dengan sekali berkunjung tidaklah cukup untuk mendeskripsikan Provinsi Yogyakarta, karena berbagai aspek mulai dari obyek wisata, kerajinan dan industri, warisan budaya, tradisi dan seni, wisata kuliner, jejeran kampus ternama sebagai kota wisata dan masih banyak lagi. Eksotisme dan keunikan kawasan inilah yang membuat Provinsi ini begitu Berjaya sebagai kota dengan kunjungan wisatawan tersering sesudah pulau Dewata.

Kota di DI Yogyakarta

Pengiriman Barang Jakarta-DIY

Provinsi Yogyakarta memiliki satu kota yang menjadi pusat administrasi provinsi tersebut. Kota tersebut juga menjadi salah satu wilayah yang menjadi destinasi cargo terbesar dari Jakarta maupun wilayah lainnya di Indonesia. Berikut merupakan profil dari kota tersebut:

Kota Yogyakarta

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak perguruan tinggi. Sehingga wajar saja jika kota ini disebut sebagai kota pelajar. Mas Cargo Express menghadirkan jasa ekspedisi Jakarta-Yogyakarta yang dirapkan dapat menjadi sarana proses distribusi barang dikedua wilayah ini.

Berdirinya Kota Yogyakarta berawal dari adanya Perjanjian Gianti pada Tanggal 13 Februari 1755 yang ditandatangani Kompeni Belanda di bawah tanda tangan Gubernur Nicholas Hartingh atas nama Gubernur Jendral Jacob Mossel. Isi Perjanjian Gianti : Negara Mataram dibagi dua : Setengah masih menjadi Hak Kerajaan Surakarta, setengah lagi menjadi Hak Pangeran Mangkubumi. Dalam perjanjian itu pula Pengeran Mangkubumi diakui menjadi Raja atas setengah daerah Pedalaman Kerajaan Jawa dengan Gelar Sultan Hamengku Buwono Senopati Ing Alega Abdul Rachman Sayidin Panatagama Khalifatullah.

Adapun daerah-daerah yang menjadi kekuasaannya adalah Mataram (Yogyakarta), Pojong, Sukowati, Bagelen, Kedu, Bumigede dan ditambah daerah mancanegara yaitu; Madiun, Magetan, Cirebon, Separuh Pacitan, Kartosuro, Kalangbret, Tulungagung, Mojokerto, Bojonegoro, Ngawen, Sela, Kuwu, Wonosari, Grobogan.

Kota Yogyakarta dibangun pada tahun 1755, bersamaan dengan dibangunnya Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I di Hutan Beringin, suatu kawasan diantara sungai Winongo dan sungai Code dimana lokasi tersebut nampak strategi menurut segi pertahanan keamanan pada waktu itu

Sesudah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII menerima piagam pengangkatan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi DIY dari Presiden RI, selanjutnya pada tanggal 5 September 1945 beliau mengeluarkan amanat yang menyatakan bahwa daerah Kesultanan dan daerah Pakualaman merupakan Daerah Istimewa yang menjadi bagian dari Republik Indonesia menurut pasal 18 UUD 1945

PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00