Kota di Provinsi Bangka Belitung Sumatera yang Menjadi Destinasi Pengiriman Barang dari Jakarta

daftar Kota di Bangka Belitung

Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari dua pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil lainnya. Provinsi ini banyak membutuhkan jasa pengiriman barang karena memiliki kota yang dijadikan sebagai destinasi ekspedisi terbesar dari ibu kota negara, Jakarta. Jasa pengiriman barang Jakarta-Bangka Belitung-pun ditawarkan dengan harga murah serta jalur pengiriman yang beragam yaitu dengan melalui darat, laut, dan udara.

Provinsi Bangka Belitung

daftar Kota di Bangka Belitung

Sebelum Kapitulasi Tutang Pulau Bangka dan Pulau Belitung merupakan daerah taklukan dari Kerajaan Sriwijaya, Majapahit dan Mataram. Setelah itu, Bangka Belitung menjadi daerah jajahan Inggris dan kemudian dilaksanakan serah terima kepada pemerintah Belanda yang diadakan di Muntok pada tanggal 10 Desember 1816. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan sebagai provinsi ke-31 oleh Pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang No. 27 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terletak pada 104°50’ sampai 109°30’ Bujur Timur dan 0°50’ sampai 4°10’ Lintang Selatan, dengan batas-batas wilayah di sebelah Barat dengan Selat Bangka, di sebelah Timur dengan Selat Karimata, di sebelah Utara dengan Laut Natuna, di sebelah Selatan dengan Laut Jawa

Jumlah penduduk Provinsi Kep. Bangka Belitung sebanyak 1 223 296 jiwa yang mencakup mereka yang bertempat tinggal di daerah perkotaan sebanyak 602 106 jiwa (49,22 persen) dan di daerah perdesaan sebanyak 621 190 jiwa (50,78 persen). Persentase distribusi penduduk menurut kabupaten/kota bervariasi dari yang terendah sebesar 8,70 persen di Kabupaten Belitung Timur hingga yang tertinggi sebesar 22,66 persen di Kabupaten Bangka.

Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbagi menjadi wilayah daratan dan wilayah laut dengan total luas wilayah mencapai 81.725,14 km2. Luas daratan lebih kurang 16.424,14 km2 atau 20,10 persen dari total wilayah dan luas laut kurang lebih 65.301 km2 atau 79,90 persen dari total wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepulauan Bangka Belitung memiliki iklim tropis yang dipengaruhi angin musim yang mengalami bulan basah selama tujuh bulan sepanjang tahun dan bulan kering selama lima bulan terus menerus. Keadaan alam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagian besar merupakan dataran rendah, lembah dan sebagian kecil pegunungan dan perbukitan. Ketinggian dataran rendah rata-rata sekitar 50 meter di atas permukaan laut dan ketinggian daerah pegunungan antara lain untuk gunung Maras mencapai 699 meter, gunung Tajam Kaki ketinggiannya kurang lebih 500 meter di atas permukaan laut. Sedangkan untuk daerah perbukitan seperti bukit Menumbing ketinggiannya mencapai kurang lebih 445 meter dan Bukit Mangkol dengan ketinggian sekitar 395 meter di atas permukaan laut.

Bahasa yang paling dominan digunakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Bahasa Melayu yang juga disebut sebagai bahasa daerah, namun seiring dengan keanekaragaman suku bangsa, bahasa lain yang digunakan antara lain bahasa Mandarin dan bahasa Jawa.

Kota di Bangka Belitung

daftar Kota di Bangka Belitung

Pangkal Pinang

Ibu kota Provinsi Bangka Belitung adalah Kota Pangkalpinang. Kota ini menjadi kota yang banyak diminta oleh pelanggan Mas Cargo Express sebagai destinasi pengiriman dari Jakarta. Tersedianya pengiriman barang Jakarta-Pangkalpinang tentunya sangat bermanfaat dan dapat dindalkan.

Kota Pangkalpinang memiliki wilayah seluas 118,41 km2 dan jumlah penduduk berdasarkan data Kemendagri sebanyak 209.383 jiwa (2018) dengan kepadatan 1.999 jiwa/km2. Populasi Kota Pangkalpinang kebanyakan dibentul oleh etnis Melayu dan Tionghoa yang merupakan suku Hakka yang datang dari Guangzhou.  Selain itu, populasi lain ditambah sejumlah suku pendatang seperti Batak, Minangkabau, Palembang, Sunda, Jawa, Madura, Banjar, Bugis, Manado, Flores, dan Ambon.

PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00