Pengiriman Barang Lewat Cargo Darat, Laut dan Udara

Dalam sebuah jasa pelayanan pengiriman barang, ada istilah yang sering digunakan. Seperti pengiriman ekspedisi dan pengiriman barang lewat cargo. Walaupun pada dasarnya keduanya mempunyai tujuan pelayanan yang sama, yakni mengirimkan barang secara dokumen ataupun barang lain. Tak ada perbedaan antara kedua jenis pengiriman tersebut. Selain pandangan masyarakat yang berpikir bahwa pengiriman ekspedisi adalah pengiriman barang dengan skala kecil. Sedangkan jenis pengiriman cargo dikatakan mempunyai pengiriman barang yang relatif banyak, dengan skala besar dibandingkan dengan ekspedisi.

Pengiriman barang lewat cargo dengan jasa pengiriman murah pastinya selalu diinginkan. Khususnya mereka yang memerlukan pengiriman barang dengan skala besar. Menggunakan jasa pengiriman cargo adalah pilihan para pebisnis yang mengharuskan mereka mengirimkan barang dengan jumlah yang banyak. Jika memilih menggunakan pengiriman barang menggunakan cargo, ada banyak pilihan berdasarkan jalur transportasi walaupun harus disesuaikan dengan tujuan wilayah barang itu dikirim. Masyarakat umumnya menilai bahwa menggunakan jasa pengiriman cargo relatif lebih murah.

Jenis Pengiriman Barang Lewat Cargo

Pada umumnya, terdapat tiga opsi cara pengiriman barang menggunakan cargo yang diberikan oleh sebuah jasa pengiriman barang. Diantaranya adalah cargo darat, laut dan juga udara. Masing-masing menggunakan cargo tersebut memakai jenis armada yang berbeda. Dimana untuk cargo darat biasanya akan menggunakan fuso, truk, CDD atau trailer. Sedangkan untuk kargo udara menggunakan pesawat kargo, dan pengiriman barang cargo laut menggunakan kapal laut.

Dari semua pilihan pengiriman barang tersebut, pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Biasanya dalam penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan. Bila pengirim tidak dikejar deadline, maka biasanya akan memilih cargo darat. Sedangkan pengiriman barang yang sifatnya darurat, opsi paling baik adalah kargo udara. Dan untuk cargo laut sering dipilih untuk mereka yang mengirimkan barang dengan jumlah yang besar, artinya tidak dapat dikirim via darat ataupun udara.

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Cargo

Jasa pengiriman cargo baik darat, laut ataupun udara memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Diantaranya adalah:

Cargo darat

Biasanya ini berlaku hanya untuk wilayah tertentu. Ada batasan jarak tempuh dimana hanya melayani pengiriman lewat armada darat. Jenis pengiriman ini biasanya digunakan untuk pengiriman barang lokal atau masih dalam lingkup satu kota. Dengan menggunakan truk atau fuso, pastinya sulit mengirim barang dengan jumlah banyak. Sehingga distributor kesulitan mengirimkan barang ke luar pulau menggunakan jalur darat. Terlebih jika mencakup barang seperti alat berat mobil dan lain sebagainya.

Cargo laut

Penggunaan cargo laut lebih efisien bila menyangkut pengiriman barang dengan jumlah besar. Distributor dapat mengirimkan beberapa unit motor atau mobil keluar kota yang ada di luar pulau dengan kapasitas besar. Kapal laut bisa menampung barang dengan jumlah yang banyak. Namun cargo laut memiliki kekurangan dalam hal waktu, karena minimal memerlukan waktu 1 sampai 2 hari untuk sandar di pelabuhan.

Cargo udara

Dibandingkan jasa pengiriman kargo lain, pengiriman lewat jalur udara paling praktis aman dan cepat. Jenis pengiriman ini dilakukan bagi mereka yang punya kepentingan yang mendesak. Sayangnya barang yang dikirim lewat kargo udara jumlah dan dimensinya dibatasi. Pengiriman barang lewat kargo udara dapat dilakukan menggunakan pesawat kargo dengan ukuran diatas rata-rata pesawat komersial. Pengiriman kargo melewati jalur udara secara umum sering dipakai oleh perusahaan ataupun eksportir untuk mengirim barang ke luar negeri, dan begitu pula sebaliknya.

Share on Whatsapp
Butuh Bantuan ? Chat Sekarang !

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 01

Een Handayani

Online

Customer Support 02

Nazwa

Online

Een Handayani

Dengan Een Handayani Ada yang bisa saya bantu ? 00.00

Nazwa

Salam Sukses, Dengan Nazwa ada yang bisa saya bantu ? 00.00