Tentang Produksi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

produksi

Pernahkah mendengar kata “produksi”? Barangkali, bagi Anda yang pernah mempelajari ilmu Ekonomi kata tersebut sudah sangat familiar di telinga. Namun, bagi yang belum tahu pengertian dari istilah tersebut,  setiap kegiatan maupun atktivitas yang bertujuan untuk menciptakan atau meningkatkan nilai guna barang disebut dengan produksi. Karena itu penting bagi kita untuk paham karena ini telah ada sudah sejak lama dan selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

Apa Itu Pengertian Produksi?

produksi

Selain untuk meningkatkan nilai guna sebuah barang, produksi juga dapat dimaknai sebagai sebuah proses mengubah suatu barang dari barang baku menjadi barang yang punya kegunaan lain supaya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Barang yang dihasilkan dari proses produksi disebut produk, sedangkan orang atau kelompok yang menjadi pelaku dalam kegiatan produksi atau pelaku peningkatan nilai kegunaan sebuah barang adalah produsen.

Secara singkat, kita telah paham pengertian produksi yang telah di sebutkan tadi. Semua produk, baik itu berupa barang ataupun jasa yang dinikmati serta dikonsumsi oleh masyarakat luas di kehidupannya berawal dari produk yang diciptakan oleh produsen.

Manfaat yang Akan Didapat Melalui Produksi

produksi

Keberadaan kegiatan menambah nilai guna pada barang  atau jasa tentu memiliki manfaat tersendiri. Di bawah ini beberapa manfaat yang akan didapatkan melalui aktivitas produksi:

1. Menambah Nilai Guna Sebuah Barang

Kegiatan produksi ini juga dapat memberikan manfaat sebagai penambah nilai guna barang. Misalnya, kita sudah tahu bahwa ketika sebuah barang sudah memiliki nilai guna, lewat proses produksi, barang tersebut akan memberikan kegunaan ataupun manfaat lainnya. Dalam hal ini, sebuah barang akan memiliki  fungsi yang baru bagi para konsumennya.

Contohnya: pada sebuah rumah, terdapat bangunan kosong yang berdekatan dengan halamannya, awalnya bangunan tersebut difungsikan sebagai gudang penyimpanan. Lewat aktivitas produksi, gudang tersebut dijadikan warung agar memiliki fungsi lain.

2. Menciptakan Nilai Guna Lewat Kegiatan Produksi

Selain untuk menambah nilai guna, melalui kegiatan produksi ini sebuah barang yang awalnya dirasa tidak memiliki kegunaan diubah menjadi barang yang memiliki nilai jual. Contohnya: Material kayu bisa digunakan dalam pembuatan banyak barang seperti, perbotan rumah tangga, kursi, meja, lemari, dan barang-barang lainnya.

Macam-macam Produksi yang Harus Diketahui

produksi

Produksi dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia. Berikut ini merupakan macam-macam produksi yang dapat dihasilkan berdasarkan pemanfaatan  sumber daya alam.

1. Produksi Industri

Kegitan produksi ini merupakan kegiatan penciptaan nilai guna barang yang memanfaatkan bahan baku yang ada. Hal ini dilakukan bertujuan mengubah barang baku menjadi barang jadi ataupun barang setengah jadi yang kemudian akan dipasarkan kepada para konsumen.

2. Produksi Agraris

Penertian produksi agraris itu sendiri adalah kegiatan produksi yang memanfaatkan kekayaan sumber daya alam secara langsung. Tujuannya adalah untuk menghasilkan produk dengan cara melakukan pengelolaan sumber daya alam dengan baik untuk dijual ke masyarakat. Contohnya, menanam padi di sawah dan dijadikan beras supaya dapat dikonsumsi.

3. Produksi Perdagangan

Dalam produksi perdagangan, kegiatan produksinya hanya dilakukan dengan cara menjualnya. Dalam hal ini produsen hanya berperan sebagai perantara produk. Para pedagang mendapatkan produk dari petani atau peternak atau memebeli barang jadinya.

4. Produksi Eksptraktif

Hampir sama dengan pengertian produksi agraris, hanya saja kegiatan yang satu ini mengambil atau memanfaatkan barang dari dalam bumi. Kemudian hasil produksi tersebut di jual ke perusahaan lain untuk kemudian dijadikan produk lainnya.

5. Produksi Jasa

Produksi jasa dapat diartikan sebagai kegiatan produksi yang menawaran keahlian tertentu untuk membantu masalah orang lain. Contohnya: Jasa revarasi barang-barang elektronik.

6. Produksi Pengangkutan

Produksi pengankutan merupakan kegiatan produksi yang melayani distribusi barang atau pemindahan dari produsen ke lokasi konsumen.

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00