Pengertian Manajemen dan Logistik dalam Bidang Pemasaran

Manajemen logistik adalah bagian dari penerapan prinsip-prinsip manajemen pada kegiatan logistik. Tujuannya ialah agar pergerakan personil serta barang bisa dilakukan secara lebih efektif dan juga efisien. Keberadaan manejemen logistik sendiri tentu sangat penting terutama dalam perencanaan, pengendalian, pelaksanaan, efisiensi penyimpanan, aliran barang, informasi serta pelayanan agar sampai ke tangan konsumen.

Pengertian Manajemen Logistik dalam Bidang Marketing

manajemen logistik

Untuk lebih memahami istilah di atas, maka harus tahu dulu apa itu manajemen. Ketahui pula tentang pengertian logistik. Dengan demikian, maka akan makin mudah memahami istilah tersebut. Selanjutnya bisa diterapkan dalam usaha atau bisnis yang dimiliki. Berikut ini adalah penjelasan kedua kata tersebut :

Pengertian manajemen

Manajemen adalah suatu seni dalam menyusun perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian. Di dalamnya juga termasuk menyusun pergerakan, pengawasan hingga membangun suatu organisasi.

Manajemen juga dapat diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan sistematis untuk bisa memahami mengapa dan bagaimana manusia melakukan kerja sama antara satu dengan yang lain. Kerjasama ini bertujuan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain ataupun golongan tertentu.

Dalam suatu manajemen, terdapat beberapa unsur-unsur penting. Contohnya ialah seperti halnya human, materials, money, machines, methods hingga market. Dalam ilmu manajemen, manusia merupakan salah satu unsur atau faktor yang paling menentukan. Manusia merupakan pembuat tujuan serta pelaku proses untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain manusia ada pula unsur uang yang tidak boleh diabaikan. Uang berperan sebagai alat tukar serta alat untuk mengukur nilai. Adapun besar dan kecilnya hasil kegiatan dapat diukur menggunakan jumlah uang yang beredar di dalam perusahaan terkait. Selain uang ada pula unsur lainnya yang berupa bahan atau material. Material sendiri adalah bahan setengah jadi ataupun bahan jadi.

Keberadaan bahan atau material tentu sangat penting. Hal ini dikarenakan jika tanpa bahan, manusia tidak akan mampu mencapai hasil yang diinginkan. Selanjutnya ada unsur machines yang diperlukan dalam kegiatan produksi. Keberadaan mesin membawa keuntungan yang lebih besar sekaligus untuk menciptakan efisiensi kerja.

Dalam manajemen terdapat juga unsur metode-metode kerja yang harus dilakukan. perlu diingat jika metode kerja yang baik tidak akan berjalan jika pelaku usaha atau manusianya tidak menjalankan metode tersebut dengan baik pula.

Unsur yang terakhir adalah market atau pasar. Pemasaran suatu produk tentu sangat penting dilakukan karena jika barang tidak laku maka keuntungan tidak bisa didapatkan.

Untuk bisa menguasai pasar, maka penyediaan barang yang berkualitas dan sesuai dengan selera konsumen harus diperhatikan. Dengan demikian, pembelian produk akan lebih meningkat seiring dengan penyediaan produk yang berkualitas.

Pengertian logistik

Apa itu logistik? Logistik adalah ilmu, seni, barang, informasi ataupun sumber daya alam yang bisa berbentuk produk, manusia dan jasa dari sumber produksi menuju ke pasaran. Strategi marketing ataupun manufaktur tentu akan sulit jika tidak ada logistik.

Pengertian lain dari logistik adalah suatu bagian dari rantai pasok untuk mengurusi arus produk melalui proses penyimpanan, distribusi, pengadaan dan juga pengantaraan. Sistem dari suatu logistik dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu pendistribusian uang, barang serta informasi. Terutama ialah dari lokasi asal menuju tempat tujuan dengan jenis, jumlah, waktu, kualitas dan tempat seperti yang dminta oleh konsumen.

Dari pengertian manajemen dan logistik diatas, maka bisa disimpulkan jika manajemen dalam bidang ini adalah penerapan prinsip manajemen dalam sistem operasi logistic. Hal ini bertujuan agar barang atau produk dan juga personil bergerak secara lebih efisien dengan biaya yang efektif.

Adapun fungsi dari manajemen logistik adalah sebagai penentuan kebutuhan, penganggaran, pemeliharaan, penghapusan, perencanaan kebutuhan, hingga penyaluran. Tujuan khusus dari manajemen tersebut adalah menitikberatkan pencapaian serta tujuan dari perusahaan ataupun organisasi secara efektif dan lebih efisien.


PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo
Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00