Pengiriman Barang Antar Pulau dan Negara dengan Kapal Cargo

layanan transportasi kargo

Kapal Cargo adalah segala jenis kapal yang membawa barang-barang dan muatan dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Ribuan kapalj enis ini menyusuri lautan dan samudra dunia setiap tahunnya – memuat barang-barang perdagangan internasional. Layanan Kapal ini termasuk salah satu layanan yang diberikan oleh perusahaan jasa ekspedisi Mas Cargo Express.

Jasa Pengiriman Laut

jenis-jenis kapal cargo Sejalan dengan pelaksanan pembangunan di Indonesia yang sasaran utamanya di bidang pembangunan ekonomi, maka kegiatan perdagangan merupakan salah satu sektor pembangunan ekonomi, senantiasa ditumbuh kembangkan peranannya.

Untuk memperlancar arus barang dan jasa guna menunjang kegiatan perdagangan tersebut, diperlukan adanya sarana pengangkutan yang memadai, baik pengangkutan melalui darat, laut maupun udara.

Mengingat keadaan geografis Indonesia sebagai Negara kepulauan dimana luas lautannya lebih besar dibandingkan luas daratannya, maka sarana pengangkutan melalui laut besar peranannya dalam menghubungkan kota-kota maupun pulau-pulau yang ada di tanah air.

Pengangkutan melalui laut merupakan usaha pelayaran niaga yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa angkutan muatan laut dimana kegiatan usahanya sangat luas bidangnya serta memegang peranan penting untuk memajukan perdagangan dalam dan luar negeri termasuk didalam usahanya memperlancar arus barang dari daerah produksi ke daerah konsumen.

Dalam pengertian perdagangan pengangkutan laut dapat dianggap sebagai suatu kegiatan dari kesibukan yang bertujuan mempertinggi arti dan kegunaan suatu barang dengan jalan memindahkan barang tersebut dari suatu pulau (negara) ke pulau (negara) lain.

Adanya peningkatan arus barang dan jasa melalui kegiatan perdagangan melalui laut tersebut, maka keberadaan perusahaan jasa pengangkutan laut maupun perusahaan jasa yang memiliki keterkaitan.

Kaitannya dengan kegiatan pengangkutan melalui laut, seperti Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut ( EMKL ) maupun Perusahaan Bongkar Muat ( PBM ) memiliki peranan yang sangat besar.

Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) adalah perusahaan yang tugasnya melakukan pengurusan dokumen-dokumen dan pekerjaan yang menyangkut menerima/menyerahkan muatan yang diangkut melalui laut untuk diserahkan kepada/diterima dari perusahaan pelayaran untuk kepentingan pemilih barang.

Sedangkan bongkar muatan adalah perusahaan yang secara khusus berusaha di bidang bongkar muat dari dan ke kapal baik dari dan ke gudang Lini  maupun langsung ke alat angkutan.

Tujuan dan Fungsi Pengiriman Laut

fungsi kapal kargo

Tujuan pengangkutan laut adalah meningkatkan daya guna dan nilai baik barang yang diangkut dari satu pelabuhan menuju ke pelabuhan tujuan.

Tujuan pengangkutan berupa sampai atau tiba di tempat tujuan pengangkutan berupa sampai atau tiba di tempat tujuan yang ditentukan dengan selamat dan biaya pengangkutan lunas.

Berdasarkan rumusan tujuan pengangkutan tersebut, maka apabila kegiatan perpindahan barangtersebut tidak mampu meningkatkan daya guna dan nilainya, sehingga kegiatan tersebut tidak perlu dilakukan mengingat hanya merupakan kegiatan yang merugikan terutama bagi para pedagang maupun penumpang selaku pekerja.

Fungsi pengangkutan secara umum adalah memindahkan barang atau orang dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan maksud untuk meningkatkan daya guna dan nilai.

Meningkatnya kegunaan dan nilai barang tersebut dimungkinkan dengan adanya kegiatan pemindahan barang dengan alat pengangkutan dari suatu tempat dimana kegunaan dan nilai barang tersebut terlalu rendah, menuju ke tempat lain yang kegunaan dan nilainya relatif lebih tinggi.

Begitupun dengan penyelenggaraan pengangkutan laut, dalam hal mana fungsinya juga dimaksudkan untuk meningkatkan kegunaan dan nilai barang maupun penumpang yang diangkut dari satu pelabuhan menuju pelabuhan tujuan pengangkutan.

Dalam pelaksanaan penyelenggaraan pengangkutan melalui laut, baik pengangkutan barang maupun pengguna jasa pengiriman laut, unsur kewajiban pemakai jasa pengangkutan yang berupa pembayaran biaya angkutan dirasa sangat penting untuk ditegaskan.

Hal ini menggambarkan adanya keseimbangan status antar pengangkut dengan pemakai jasa pengangkutan (pengirim), mengingat pada prinsipnya hubungan antara para pihak di dalam perjanjian pengangkutan melalui laut ini bukan merupakan hubungan antara atasan dengan bawahannya (hubungan majikan dengan buruh), melainkan hubungan tersebut bersifat gecoordineerd (koordinasi).

Jenis-jenis kapal Cargo

jenis-jenis kapal cargo

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Kapal Cargo adalah segala jenis kapal yang membawa barang-barang dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya.

Ribuan kapal jenis ini menyusuri lautan dan samudra dunia setiap tahunnya dan memuat barangbarang perdagangan internasional. Kapal kargo pada umumnya didesain khusus untuk tugasnya, dilengkapi dengan crane dan mekanisme lainnya untuk bongkar muat, serta dibuat dalam beberapa ukuran.

  1. Kapal Tanker

Adalah kapal yang dirancang untuk mengangkut minyak atau produk turunannya. Jenis utama kapal tanker termasuk tanker minyak, tanker kimia, dan pengangkut LNG.

Di antara berbagai jenis kapal tanker, super tanker dirancang untuk mengangkut minyak sekitar Afrika dan Timur Tengah. Super tanker Knock Nevis adalah jenis kapal tanker terbesar di dunia.

  1. Kapal Kontainer

Adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut peti kemas yang standar. Memiliki rongga (cells) untuk menyimpan peti kemas ukuran standar. Peti kemas diangkat ke atas kapal di terminal peti kemas dengan menggunakan kran/derek khusus yang dapat dilakukan dengan cepat, baik derekderek yang berada di dermaga, maupun derek yang berada di kapal itu sendiri.

  1. Kapal Ferry Ro-Ro

Adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri juga, sehingga disebut sebagai kapal roll on-roll off atau disingkat Ro-Ro.

Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveable bridge atau dermaga apung ke dermaga. Kapal Ro-Ro memiliki desain yang landai sehingga memungkinkan muatan secara efisien “keluar-masuk” kapal saat di pelabuhan.

  1. Kapal Semi-Submersible atau Kapal Angkat Berat

Adalah kapal yang dirancang untuk memindahkan beban yang sangat besar. Tipe semi-submersible mampu mengangkat kapal lain keluar dari air dan mengangkutnya untuk menambah fasilitas bongkar di pelabuhan.

Proses Masuk Barang menuju Kapal

Kapal angkut barang

Dalam pelaksanaan pengurusan muatan masuk, perlu dilakukan tindakan untuk mendukung setiap prosesnya. Tindakan-tindakan itu dibagi ke dalam beberapa bagian, diantaranya :

  1. Manifest, Stowage Plan, dan Copy Bill of Landing

  • Manifest yaitu daftar lengkap muatan yang akan dibongkar di pelabuhan itu.
  • Stowage Plan Yaitu skema dan uraian mengenai susunan barang di dalam kapal.
  • Copy Bill of Landing Digunakan untuk setiap muatan yang akan dibongkar di pelabuhan.

Selanjutnya dokumen tersebut diteruskan ke bagian operasi, bagian terminal dan bagian keuangan untuk mepersiapkan kedatangan kapal, pembingkaran muatan, penagihan ongkos pelabuhan tujuan (OPT) dan biaya muatan lainnya.

  1. Surat Pemberitahuan

Bagian operasi menyampaikan surat pemberitahuan kedatangan muatan (notice of arrival) kepada masing-masing consignee yang dapat diketahui dari manifest atau copy bill of landing.

  1. Delivery Order

Setelah kapal bersandar di pelabuhan maka muatan dibongkar serta dimasukan ke dalam gudang atau di simpan di lapangan terbuka, di dalam tongkang atau gudang api. Sementara itu penerima barang (consignee) melalui EMKL menyelesaikan segala sesuatu dengan bea dan cukai, khususnya mengenai bea masuk dan pajak pertambahan nilai impor (PPN impor).

PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00