Arti dan Pengertian Ekspedisi

Kita pasti sering sekali mendengar istilah “ekspedisi” dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi pada zaman di mana hampir semua orang membutuhkan jasa pengiriman barang. Lalu, apa yang Anda ketahui tentang ekspedisi itu sendiri? Di sini akan dibahas mengenai beberapa hal tentang pengiriman barang dan juga begaimana cara kerjanya.

Apa yang Dimaksud Dengan Ekspedisi?

ekspedisi

Apabila Anda sering melakukan transaksi atau jual beli online, maupun bergeut pada bidang bisnis apa pun, sudah dipastikan Anda telah mengetahui apa yang dimaksud ekspedisi. Istilah tersebut juga sangat familiar bagi sebagian orang yang menjalankan bisnisnya di dunia  pengiriman atau jasa antar barang. Pengiriman tersebut bisa melalui beberapa jalur, baik itu melalui darat, air, dan juga udara.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mengatakan bahwa arti dari ekspedisi adalah pengiriman barang ataupun perusahaan yang bekerja pada bidiang pengangkutan barang. Di samping itu, istilah tersebut juga memiliki arti “perjalanan” atau “pengembaraan” di mana dalam hal ini merujuk pada konteks aktivitas pemindahan barang yang dilakukan oleh seseorang melalui pihak penyedia layanan tersebut menuju ke alamat tujuan.

Di Indonesia sendiri, istilah ini sudah begitu membumi karena pada masa kini banyak sekali orang yang melakukan transaksi secara tidak langsung (online) – yang akan melibatkan jasa antar barang. Barang yang dibeli ataupun dijual diberikan pada konsumen melalui jasa ekspedisi yang menyediakan berbagai fasilitas serta pilihan pengiriman barang.

Tidak hanya itu, sebelum barang yang hendak dikirim sampai pada tujuannya, pengguna layanan tersebut akan dikenai biaya pengiriman barang. Harga tersebut bisa berdasarkan jenis barang yang dikirim, ukuran, maupun berat yang telah ditimbang sesuai dengan prosedur yang telah disepakati.

Sistem Kerja Ekspedisi dalam Pengiriman Barang

ekspedisi

Tiap jasa ekspedisi memiliki perbedaan mengenai Standar Operasional prosedur atau SOP-nya sendiri-sendiri. Ada layanan jasa pengiriman yang menyediakan prosedur yang sederhana sehingga mempermudah penggunanya dalam pengiriman barang.

Ada pula yang menyediakan prosedur yang sangat ketat sehingga semua syarat dan ketentuan yang berlaku harus betul-betul dipenuhi.

Umumnya, peraturan atau standar operasional yang ketat akan memberikan jaminan kemanana pengiriman barang yang lebih memuaskan. Karena itu, sebagai pengguna jasa pengiriman barang, Anda harus memerhatikan beberapa hal supaya dapat memilih jasa ekspedisi secara tepat.

Pada dasarnya, tiap penyedia jasa layanan antar barang tersebut memiliki sistem kerjanya tersendiri. Berikut ini beberapa hal yang mesti diperhatikan terkait sistem kerja pengiriman barang:

1. Barang

Hal pertama yang ada dalam sistem kerja eskpedisi pengiriman barang adalah barang itu sendiri. tanpa adanya barang, kegiatan pemindahan barang tidak akan terlaksana.  Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa barang yang hendak Anda kirim haruslah barang yang diperbolehkan dalam pengirimannya secara legal. Barang ilegal dan barang larangan tidak akan diterima pihak penyedia layanan.

2. Pengemasan Barang (Packing)

Packing atau pengemasan barang juga masuk ke dalam sistem kerja ekspedisi. Hal ini dilakukan untuk tujuan menjamin keselamatan barang tanpa ada kerusakan.  Ada beberapa barang yang akan menjadi perhatian khusus dalam hal pengemasannya, seperti barang pecah belah, barang dalam bentuk cairan ataupun makanan yang dapat membusuk. Ada beberapa perusahaan yang akan menolak pengiriman barang jika penggunanya tidak mengemasnya dengan baik.

3. Pengurusan Dokumen dan Administrasinya

Pengurusan administrasi dokumen juga merupakan bagian dari sistem kerja jasa pengiriman barang. Administrasi dokumen di sini maksudnya adalah kepengurusan perihal surat-surat administrasi bea cukai ataupun pihak-pihak yang terkait dengan ini semua. Jasa ekspedisi akan berperan sebagai pengurus kebutuhan administrasi yang diperlukan.

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00