Layanan Jasa Ekspedisi Laut yang Memiliki Kekurangan Serta Kelebihan

kekuranagan ekspedisi laut

Ekspedisi Laut menjadi salah satu layanan yang diberikan oleh perusahaan penyedia jasa ekspedisi Mas Cargo Express. Layanan ekspedisi laut kami merupakan yang terbaik dimana pelayanannya dapat menjangkau berbagai pulau di Indonesia.

Dengan prosedur pengiriman yang mudah serta memberkan layanan pejemputan dan proses packing terhadap barang yang akan di kirim, akan semakin mempermudah urusan anda dalam melakukan proses pendistribusian barang.

Pengiriman Jalur Laut

ekspedisi laut lengkap

Negara Indonesia adalah negara kepulauan karena terdiri dari berbagai macam pulau baik besar atau kecil yang membentang dari barat sampai ke timur.

Hal ini mengingat posisi strategis yang dimilikinya terletak di garis khatulistiwa, dan disamping itu posisi Indonesia berada diantara dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Hindia serta berada diantara dua benua yakni Benua Asia dan Australia.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektifitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut serta fokus pada keamanan maritim.

Pengiriman barang di Indonesia memiliki peranan penting dalam memajukan dan memperlancar perdagangan dalam maupun luar negeri karena adanya proses pengiriman barang dapat memperlancar arus barang dari daerah produksi ke tujuan lokasi sehingga kebutuhan suatu individu atau perusahaan dapat terpenuhi.

Hal tersebut dapat terlihat pada perkembangan dewasa ini jasa pengangkutan di Indonesia mulai menunjukkan kemajuan, terbukti dengan ditandainya banyaknya perusahaan industri yang percaya untuk menggunakan jasa pengangkutan.

Dalam prosesnya, terdapat dua macam pengiriman jalur laut, yaitu Pengiriman Laut Dalam Negeri dan Pengiriman laut Dalam Negeri.

1.Pengiriman Laut Dalam Negeri

Pengiriman ini merupakan kegiatan ekspedisi laut yang dilakukan di wilayah perairan Indonesia yang diselenggarakan oleh perusahaan angkutan laut nasional atau dalam arti dilakukan dengan menggunakan batas-batas kedaulatan dalam negara.

Pelayaran dalam negeri yang meliputi:

a) Pelayaran nusantara, yaitu pelayaran untuk melakukan usaha pengangkutan antar pelabuhan Indonesia tanpa memandang jurusan yang ditempuh satu dan lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Radius pelayarannya > 200 mil laut.

b) Pelayaran lokal, yaitu pelayaran untuk melakukan usaha pengangkutan antar pelabuhan Indonesia yang ditujukan untuk menunjang kegiatan pelayaran nusantara dan pelayaran luar negeri dengan mempergunakan kapal-kapal yang berukuran 500 m3 isi kotor ke bawah atau sama dengan 175 BRT ke bawah. Radius pelayarannya < 200 mil laut atau sama dengan 200 mil laut.

c) Pelayaran rakyat, yaitu pelayaran nusantara dengan menggunakan perahu-perahu layar.

2.Pengiriman Laut Luar Negeri

Pengiriman ini merupakan kegiatan angkutan laut dari pelabuhan atau terminal khusus yang terbuka bagi perdagangan luar negeri kepelabuhan luar negeri atau dari pelabuhan luar negeri ke pelabuhan atau terminal khusus Indonesia yang terbuka bagi perdagangan luar negeri yang diselenggarakan oleh perusahaan angkutan laut atau dalam artian dilakukan dengan pengangkutan di lautan bebas yang menghubungkan satu negara dengan negara lain.

Pelayaran laut luar negeri, meliputi:

a) Pelayaran samudera dekat, yaitu pelayaran ke pelabuhan- pelabuhan negara tetangga yang tidak melebihi jarak 3.000 mil laut dari pelabuhan terluar Indonesia, tanpa memandang jurusan.

b) Pelayaran samudera, yaitu pelayaran ke dan dari luar negeri yang bukan merupakan pelayaran samudera dekat.

Lalu selain adanya angkutan laut dalam dan luar negeri, ada juga Angkutan laut khusus. Angkutan ini merupakan kegiatan angkutan untuk melayani kepentingan usaha sendiri dalam menunjang usaha pokoknya.

Kelebihan dan Kekurangan Ekspedisi Laut

ekspedisi laut murah

Setiap proses pengiriman barang melalui jalur apapun memiliki beberapa kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Termasuk proses pengiriman barang melalui jalur laut. Berikut beberapa kelebihan serta kekurangan menggunakan jasa ekspedisi laut.

Kelebihan Pengiriman Barang Jalur Laut

Dari beberapa jenis transportasi untuk pengiriman, cargo laut memang banyak dipilih. Beberapa yang menjadi kelebihan dari jenis cargo ini adalah biaya pengiriman yang murah. Selain itu, kapasitas angkut yang tinggi juga jadi alasan kenapa banyak yang memakai jasa ini.

  1. Tarif Murah

Dalam perkembangannya, jasa ekspedisi muatan kapal laut menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia terutama para distributor yang sering mengirimkan barang dalam jumlah besar. Pertimbangannya, dengan mengggunakan cargo laut maka dari segi biaya dapat ditekan.

Dengan demikian selain kebebasan mengirim dalam jumlah dan dimensi tak terbatas, biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah.

  1. Lebih Banyak Ruang Cargo

Ketersediaan ruang kargo menjadi faktor penting saat memilih memutuskan menggunakan jasa pengiriman barang. Untuk pengiriman barang dengan volume kecil namun bernilai tinggi, maka pengiriman jalur udara bisa dipilih. Akan tetapi jika barang memiliki volume yang besar, maka angkutan laut adalah solusinya.

Kenapa demikian? Karena di angkutan laut tersedia lebih banyak ruang. Hampir tidak ada batasan untuk pengiriman melalui kapal.

Jasa ini menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal ruang, dimensi dan berat. Semua jenis produk, barang berbagai ukuran dan berat bisa dikirim melalui angkutan laut.

  1. Menjangkau Berbagai Daerah

Keunggulan lainnya menggunakan jasa ini adalah mampu menjangkau berbagai daerah mulai dari daerah yang padat penduduk hingga yang terpencil. Bahkan, kapal mampu mengangkut barang mencapai pulau terjauh di luar negeri sekalipun.

Hal ini tentu memudahkan bagi anda yang ingin melakukan pengiriman barang lewat wilayah perairan.

  1. Semua Jenis Barang Bisa Dikirim

Hal ini sangat memungkinkan. Akan tetapi, bukan berarti anda bisa mengirim barang yang ilegal. Melainkan kargo kapal bisa menerima beberapa jenis barang seperti barang dengan ukuran besar dan dengan keadaan baterai yang aktif di dalamnya. Kargo laut jua menerima pengiriman cairan kmia berupa parfum serta barang yang berbahaya aaupun mudah meledak.

Kekurangan Pengiriman Barang Jalur Laut

Terlepas dari banyaknya kelebihan mengguanakan jasa ekspedisi laut, ternyata layanan ini juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah:

  1. Waktu Pengiriman Lebih Lama

Memakai cargo laut memang tak secepat memakai cargo udara. Jadi, cara pengiriman ini hanya bisa dipakai untuk pengiriman produk yang memiliki ketahanan yang lama. Contohnya mobil, barang elektronik, baju, sepatu, dan lain-lain.

  1. Dipengaruhi Cuaca

Cuaca jelek bisa menghambat pengiriman. Buruknya cuaca sering sekali menjadi hal utama penundaan pengiriman kargo ke beberapa daerah di tanah air. Cuaca laut sulit diprediksi. Hal ini membuat pengiriman bisa saja terkendala oleh cuaca. Akhirnya kedatangan barang bisa terlambat. Selain itu, barang juga beresiko rusak jika terlalu lama di cargo.

  1. Sulit Untuk Memantau Lokasi Barang

Hal ini berbeda dengan memakai cargo lain. Jika barang dikirim lewat cargo laut, akan sulit untuk mengetahui lokasi sebenarnya barang tersebut.

Melihat beberapa kekurangan di atas membuat pemilihan pengiriman jalur laut harus dipertimbangkan. Anda harus melihat dulu jenis dan volume barang. Lihat juga apakah waktu kedatangan barang harus dilakuak secara cepat atau tidak. Dengan perhitungan di atas, barulah bisa diputuskan apakah akan memakai jasa cargo laut atau cargo lainnya.

PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00