Manfaat Asuransi Pengiriman Khusus Barang dan Jenisnya

asuransi pengiriman barang

Asuransi pengiriman barang merupakan suatu bentuk perlindungan terhadap kerugian atau kerusakan pada barang yang akan dikirimkan. Banyak yang menyangka jika perusahaan ekspedisi adalah pihak penanggung jawab jika terjadi kerusakan barang. Namun nyatanya, pihak ekspedisi kebal terhadap bentuk kerugian yang timbul atas bahaya yang bersifat accidential.

Inilah kenapa ada baiknya pihak yang ingin mengirim barang harus mengurus jaminan terhadap barang yang dikirimkan. Tujuannya untuk mengurangi resiko kerugian yang bisa terjadi kapan saja.

Manfaat Asuransi Pengiriman Barang

Asuransi pengiriman barang

Keberadaan perusahaan asuransi ekspedisi sangatlah membantu terutama dalam dunia perdagangan. Manfaat asuransi pengiriman ini adalah mampu memberikan perlindungan terhadap barang yang tengah berada dalam perjalanan menuju pelanggan. Perusahaan akan menanggung kerugian atau kerusakan secara fisik jika barang yang dikirim mengalami gangguan.

Baca juga Pengertian Asuransi Berikut dengan Manfaatnya untuk Finansial Anda

Keberadaan perusahaan inilah tentu sangat menguntungkan bukan hanya di pihak penjual saja namun juga pembeli. Dengan asuransi tersebut kedua belah pihak tidak perlu lagi khawatir jika terjadi kerusakan barang di tengah jalan.

Jenis-Jenis Asuransi Pengiriman

asuransi pengiriman barang

Pemakaian jasa ini bisa membantu dalam berbagai jenis pengiriman. Berikut ini adalah jenis asuransi yang paling banyak dipakai bagi mereka yang ingin mengirimkan barang dari atau ke luar negeri / kota :

  • Asuransi barang lewat darat => Asuransi pengiriman yang pertama adalah lewat darat. Asuransi ini menawarkan perlindungan untuk barang yang rusak atau hilang ketika dikirimkan jalur ini. Asuransi ini memiliki tanggung jawab terhadap barang dari resiko :
    • Dicuri orang
    • Kebakaran
    • Tabrakan
    • Jauh ke sungai atau jurang
    • Bencana alam
    • Tergelincir
    • Kekacauan dan lain sebaganya.
  • Asuransi barang lewat laut => Asuransi pengiriman selanjutnya adalah asuransi barang lewat laut. Asuransi ini bertanggung jawab untuk barang kiriman yang dikirim melalui laut. Perusahaan ini akan bertanggung jawab jika barang mengalami kerusakan akibat bahaya di lautan.Beberapa kondisi di laut yang bisa memunculkan bahaya dan resiko pada barang kiriman antara lain :
    • Perils of the sea, bahaya yang disebabkan oleh sifat laut seperti cuaca buruk, gelombang, gempa hingga badai.
    • Perils on the sea, bahaya ini bisa terjadi di atas laut itu sendiri seperti halnya kapal kandas, tabrakan, peledakan hingga kapal tenggelam.
    • Extraneous Perils, bahaya yang bisa datang di luar perils on sea seperti perampoka.
  • Asuransi barang lewat udara => Pihak asuransi akan bertanggung jawab terhadap bahaya yang bisa saja terjadi saat pengiriman barang lewat udara. Namun jika kerusakan terjadi karena pesawat mengalami ledakan atau kebakaran, maka pihak asuransi tidak akan mengganti barang tersebut. Hal ini juga berlaku jika barang rusak akibat kelalaian pengirim.

Dari jenis pengiriman di atas, anda bisa pilih sendiri asuransi mana yang sesuai dengan paket perjalanan yang anda gunakan. Paket pengiriman barang sebaiknya diansurasikan jika nilai barang yang anda kirim lebih besar bahkan berkali lipat dari ongkos kirim.

baca juga Pengertian Ekspor dan Manfaatnya Dalam Bisnis Suatu Negara

Selain itu, anda juga perlu mengansurasikan barang tersebut jika yang anda kirim adalah jenis dokumen berharga. Dokumen berharga bisa berupa apa saja seperti halnya sertifikat ijazah, KTP, Paspor, BPKB dan lain sebagainya.

Asuransi pengiriman barang sangat diperlukan terutama jika barang behargalah yang dikirim. Pihak asuransi akan menjadi pihak yang bertanggung jawab jika terjadi hal tidak diinginkan dari barang yang dikirim. Meski demikian anda tidak perlu memaksakan ikut asuransi pengiriman untuk semua barang namun cukup tertentu saja.


PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo
Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support

Een Handayani

Online

Customer Support 02

Nazwa

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Een disini Ada yang bisa saya bantu kak ? 00.00

Nazwa

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00