Definisi Incoterm dan Istilah Penting Perdagangan Internasional

Pengertian Incoterm

Pengertian Incoterm sudah tidak asing bagi Anda yang kerap melakukan perdagangan internasional. Istilah ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara buyer maupun seller yang berbeda negara terutama dalam tanggung jawabb dan biaya-biaya. Berikut beberapa ulasan mengenai incoterm yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Incoterm dalam Jasa Kargo yang Harus Anda Tahu

Pengertian Incoterm

Incoterm merupakan kumpulan istilah yang dibuat untuk penyamaan persepsi dalam perdagangan antara eksportir maupun importir yang dikeluarkan ICC. Penggunaan peraturan istilah di tahun 2010 diganti dengan incoterm 2020 yang mulai berlaku tanggal 1 Januari 2020. Penggunaan incoterm dimaksudkan agar tidak terjadi kesalah-pahaman dalam praktik dunia perdagangan internasional. Terutama adalah dalam masalah bahasa.

Anda dapat menemui beragam tata aturan jual-beli barang di luar negeri terkait masalah pengiriman produk di dalam incoterm. Selain itu, masalah lainnya adalah peraturan penanggung jawab dalam kegiatan penerimaan maupun pengiriman barang luar negeri, tanggungan pembiayaan dan resiko barang yang dikirim. Biasanya, masalah asuransi juga diperhatikan di dalam incoterm.

Definisi Incoterm dan penggunaannya dalam perdagangan internasional sangat penting diketahui. Hal ini tentunya dapat memudahkan layanan jasa kargo untuk mendistribusikan barang secara aman, terjangkau dan terpercaya.

Berbagai Peristilahan Incoterm dalam Perdagangan Internasional

Pengertian Incoterm

Incoterm memiliki ragam peristilahan yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui sistem jual-beli internasional. Istilah yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut

  • CNF ( Cost And Freight)= > Dalam sitilah ini, pembiayaan perjalanan barang yang telah sampai di dekat pelabuhan importir sudah ditanggung oleh eksportir. Apabila Anda seorang importir, maka, Anda hanya mengeluarkan biaya untuk mengeluarkan barang dari pelabuhan hingga ke gudang. Biasanya, biaya yang dikeluarkan cukup tinggi karena adanya pajak, jaminan keselamatan barang dan pembiayaan lainnya.
  • CIF => Pembiayaan asuransi adalah hal yang disarankan dalam perdagangan. Kegunaannya penting dalam memberikan jaminan perlindungan barang, resiko kehilangan, lama perjalanan dan sertifikat bersamaan berkas lainnya. Apabila Anda seorang pembeli di dalam CIF, maka, Anda diwajibkan dalam pembiayaan asuransi tambahan dan pengurusan klaim.
  • FOB (Free On Board)=> Anda akan biasa menemukan istilah ini di dalam berkas pengiriman barang. Hal ini maksudnya, si eskportir menanggung pengurusan izin pengiriman ke pihak pembeli yang berada di luar negeri sampai ke kapal terdekat. Setelahnya, pembeli diwajibkan untuk menanggung masalah pembiayaan.
  • FCA (Free Carrier) => Pihak eksportir menanggung masalah perizinan ekspor barang hingga sampai ke pihak perantara atau carrier sesuai lokasi kesepakatan. Sehingga, si pembeli memiliki kewajiban menanggung pembayaran biaya kirim barang. Saat itu juga, pihak eksportir tidak bertanggung jawab apapun terhadap barang yang sampai ke pelabuhan yang dituju.
  • Ex-Work => Maksudnya, si penjual yang menentukan lokasi pengambilan barang yang telah Anda beli. Sehingga, ke depannya pihak si pembeli yang akan melakukan pembiayaan terhadap biaya-biaya yang mungkin keluar seperti biaya bongkar muat maupun pengangkutan.
  • FAS => Penggunaan FAS dilakukan untuk kirim paket barang di laut dan sungai (Inland Waterway). Tentunya, si penjual memiliki akses untuk pengangkutan barang baik jasa kargo besar maupun pemrosesan barang.
  • CPT (Carriage Paid To) => Biasanya Anda menemukan istilah ini dalam berkas perdagangan. Artinya adalah pihak eksportir memiliki tanggung jawab penuh atas barang yang dikirimkan sekaligus pembiayaan pengiriman hingga ke tujuan si penerima. Namun, tanggung jawab si eksportir hanya sampai ke pihak carrier.

Pengertian Incoterm dalam Jasa pengiriman barang ke luar negeri memudahkan Anda dalam mengirim maupun menerima paket luar negeri. Perjalanan kiriman akan semakin cepat  menggunakan Mascargo. Tidak hanya pengurusannya yang terbilang cepat dan profesional. Anda bisa mendapatkan harga murah dalam pengiriman paket. Selain itu, barang aman dan cepat sampai tujuan.

Share on Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

CS Pengiriman Darat, Laut dan kontainer

Dita

Online

CS Udara dan Charter Pesawat Cargo

aisah

Online

CS Sewa Truk,Pengiriman kendaraan dan Alat Berat

Desy

Online

CS Pengiriman Hewan

Kiki

Online

Dita

Dengan Dita disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

aisah

halo kak, dengan aisah siap bantu pertanyaan seputar kiriman kakak 00.00

Desy

Dengan Desy Ada yang bisa saya bantu ? 00.00

Kiki

halo kak, dengan saya kiki siap bantu sekitar pertanyaan kiriman kakak 00.00