Jasa Ekspedisi Cargo Jakarta ke Sambas Murah, Cepat, Aman & Bergaransi

Jasa Ekspedisi Cargo Jakarta ke sambas terbaik dan terpercaya

Kementerian Perhubungan mengatur jasa ekspedisi dengan detail. Salah satu aturannya adalah Peraturan Menteri (PM) 74 tahun 2015 mengenai Penyelenggaraan serta Pengusahaan Jasa Pengurusan pada Transportasi. Semua wajib taat, termasuk jasa ekspedisi cargo Jakarta ke Sambas.

Aturan dalam PM tersebut mengatur berbagai persyaratan yang harus dipenuhi agen atau jasa ekspedisi perjalanan. Semua jasa pengangkutan diatur tata cara pendirian kantor, cara pengiriman, dan prosedur lainnya, termasuk agen yang melayani ekspedisi Jakarta – Sambas.

Jasa Ekspedisi Cargo Jakarta ke sambas Termurah

Aturan Seputar Jasa Ekspedisi Cargo Jakarta ke Sambas

Jasa ekspedisi cargo diawasi langsung oleh negara. Maka dari itu, tidak sembarang perusahaan bisa mendirikan jasa ini tanpa pengawasan atau sah secara hukum. Berikut sejumlah syarat yang wajib dimiliki sebuah perusahaan profesional dan memiliki kredibilitas tinggi dalam menjalankan usahanya:

1.     Harus Legal dan Memiliki Izin Usaha

Semua agen, termasuk jasa cargo Jakarta – Sambas wajib legal atau berbadan hukum. Izin usaha yang dimaksud dalam PM 74 tahun 2015 adalah badan usaha yang memenuhi syarat administrasi dan teknis, seperti memiliki akta pendirian perusahaan, nomor pokok wajib pajak (NPWP), dan lainnya.

Syarat lain adalah perusahaan wajib memiliki modal dasar paling minim Rp 25 miliar. Setidaknya paling sedikit 25 persen dari modal dasar harus ditempatkan dan disetor penuh dengan bukti penyetoran yang sah, dan diaudit oleh kantor akuntan publik yang juga memiliki legalitas hukum.

2.     Wajib Mengantongi Dokumen Angkutan

Sebagai jasa pengangkutan, setiap agen atau jasa ekspedisi wajib memiliki dokumen dan perizinan yang legal. Dokumen bisa ditunjukkan secara cetak atau elektronik. Dokumen angkutan yang wajib dipenuhi antara lain forwarders certificate of receipt, FIATA combined, dan lainnya.

Untuk dapat mendirikan sebuah agen pengiriman, jasa ekspedisi juga wajib memiliki izin usaha pengurusan jasa transportasi yang dikeluarkan oleh gubernur tempat kantor tersebut berada. Perusahaan jasa dapat mendirikan kantor di luar negeri serta menunjuk atau kerja sama dengan agen lokal.

Jasa Ekspedisi Cargo Jakarta ke sambas Teraman

3.     Memiliki Alamat Kantor yang Jelas

Sebuah perusahaan pengiriman cargo wajib memiliki alamat kantor yang jelas atau tidak fiktif. Usaha jasa pengurusan transportasi yang dilakukan wajib mempunyai sistem sarana peralatan software maupun hardware. Wajib memiliki sistem informasi transportasi darat, laut, atau udara sesuai teknologi.

Usaha jasa ekspedisi cargo yang didirikan secara patungan atau joint venture wajib memiliki izin usaha yang diberikan oleh gubernur tempat kantor berdiri. Perusahaan yang berstatus penanaman modal asing wajib mendaftar ke menteri atau instansi pemerintah yang sudah ditunjuk resmi.

4.     Pembukaan Kantor Cabang Wajib Punya Izin

Pembukaan kantor cabang jasa pengiriman juga diawasi langsung oleh negara. Multi Angkasa Solusi (MAS) Cargo sebagai jasa ekspedisi cargo Jakarta ke Sambas memiliki banyak kantor cabang yang semuanya legal atau berbadan hukum. Semua izin usaha menaati aturan dan hukum yang berlaku.

Pembukaan kantor cabang perusahaan jasa pengiriman wajib dilaporkan ke gubernur selaku pemberi SIUPJPT dan ditembuskan pada penyelenggara negara yang berwenang, seperti pelabuhan atau otoritas transportasi lainnya. Di provinsi yang tidak memiliki pelabuhan bisa melaporkan ke instansi berwenang.

5.     Terdapat Laporan Pembukaan Kantor

Laporan pembukaan kantor juga menjadi syarat yang diatur dalam PM 74 tahun 2015. Laporan pembukaan kantor maupun cabang ditandatangani oleh penanggung jawab perusahaan dan dilampirkan sejumlah salinan, seperti surat izin usaha perusahaan jasa pengurusan transportasi.

Rekomendasi kebutuhan pembukaan kantor cabang dari penyelenggara pelabuhan juga menjadi syarat mutlak untuk pelaporan ini. Syarat lain adalah surat keterangan domisili kantor cabang yang dikeluarkan oleh instansi berwenang. Selanjutnya dokumen identitas pemilik perusahaan.

jasa ekspedisi cargo jakarta ke sambas terbaik

Tanggung Jawab yang Harus Dipenuhi Jasa Cargo

Sewajarnya badan usaha, jasa ekspedisi cargo Jakarta ke Sambas dan jasa pengiriman lain memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi. Hal in dilakukan untuk mengantisipasi resiko tanggung jawab dan menjamin pihak tertentu agar tidak merasa dirugikan, terutama pihak konsumen si pengguna jasa.

1.     Mengasuransikan Barang Konsumen

Barang yang dikirim, terutama barang yang berharga wajib diasuransikan. Asuransi produk konsumen yang dikirim ini adalah salah satu tanggung jawab perusahaan.

Biasanya asuransi diperlukan jika terjadi bencana atau hal-hal lain yang di luar dugaan, sehingga konsumen wajib menuntut ini.

Asuransi penting untuk perlindungan produk konsumen. Misal saat di perjalanan, barang yang dikirim rusak atau hilang, konsumen akan mendapat ganti rugi atau pergantian sesuai kesepakatan. Tanggung jawab asuransi ini diatur dalam PM nomor 74 tahun 2015 Bab IX pasal 18.

2.     Melindungi Barang yang Dikirim

Selain menjamin dengan asuransi, perusahaan memiliki kewajiban melindungi semua barang yang dikirim. Melalui pengemasan yang sesuai standar, menggunakan armada yang aman, dan memiliki irigasi bencana, sehingga barang yang dikirim dan diterima tidak memiliki perubahan atau kerusakan.

Menggunakan Multi Angkasa Solusi (MAS) Cargo adalah solusi terbaik perlindungan barang Anda. Melayani jasa ekspedisi cargo Jakarta ke Sambas dengan kredibilitas dan profesionalitas yang sudah dijaga. Semua barang yang dikirim akan sama persis bentuknya saat diterima.

Jasa Ekspedisi Cargo Jakarta ke sambas hemat biaya

3.     Memenuhi Sanksi Bila Melanggar

Jika terjadi pelanggaran, perusahaan jasa ekspedisi cargo harus bertanggung jawab dan menerima sanksi. Sesuai PM nomor 74 tahun 2015, sanksi disiapkan mulai peringatan tertulis, pembekuan izin, hingga pencabutan izin usaha. Sanksi administratif ini diberikan oleh menteri dan gubernur.

Sanksi diberikan ke perusahaan sesuai dengan tingkat pelanggaran. Jika pelanggaran ringan, maka sanksi hanya diberikan teguran lisan atau tertulis. Namun jika ada pelanggaran berat atau tindak pidana yang dilakukan, ada sanksi pencabutan usaha dan diserahkan ke aparat penegak hukum

4.     Memiliki Sistem Informasi Usaha

Dalam rangka pemenuhan standar arah kebijaksanaan nasional dan pengembangan usaha. Maka diselenggarakan sistem informasi usaha jasa pengurusan transportasi, yang menghubungkan pengirim dan penerima. Hal ini juga diatur dalam PM nomor 74 tahun 2015 bab XI pasal 22.

Sebuah usaha jasa ekspedisi cargo Jakarta ke Sambas dan lainnya wajib melaporkan data kepada penyelenggara pelabuhan setempat. Laporan meliputi data perusahaan, data potensi peralatan kerja, sumber daya manusia, laporan bulanan, dan laporan tahunan yang wajib dilakukan rutin.

5.     Memastikan Estimasi Waktu dan Tarif

Umumnya, cepat atau lama pengiriman tergantung pada paket. Untuk paket cepat tertentu biasanya menggunakan batas waktu akhir penerimaan dan berat volume barang. Namun, untuk paket reguler biasanya menjangkau wilayah seluruh Indonesia dengan estimasi waktu perhitungan.

Sambas merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Barat. Terletak di barat Pulau Kalimantan dan memiliki jarak sekitar 1.037 km dari jalur darat Jakarta. Umumnya, dapat ditempuh dengan menggunakan truk atau mobil dengan jarak tempuh selama 30 hari perjalanan darat.

Jasa Ekspedisi Cargo Jakarta ke sambas mudah di dapat

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, penting untuk memiliki jasa ekspedisi cargo Jakarta ke Sambas yang berpengalaman. Multi Angkasa Solusi (MAS) Cargo bisa menjadi mitra terbaik dalam pengiriman barang ini. Juga melayani jasa ekspedisi Jakarta ke Bodok. Bisa cek di https://www.mascargoexpress.com/ dan buktikan sendiri. Kami juga melayani jasa ekspedisi cargo jakarta ke sekadau aman dan hemat biaya.

PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.