Sejarah Berdirinya JNE dan Pelayanannya

Apa itu JNE dan Sejarahnya

Apa itu JNE dan Sejarahnya merupakan salah satu informasi yang cukup menarik. Pasalnya, banyak sekali masyarakat yang menggunakan jasa ekspedisi dari perusahaan ini.

Sejarah Berdirinya JNE

Apa itu JNE dan Sejarahnya

Jalur Nugraha Ekakurir atau yang akrab disebut dengan JNE adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang ekspedisi dan logistik yang bermarkas di Jakarta. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE).

Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dibangun sebagai sebuah divisi dari PT. Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk melakukan jaringan kurir internasional.

Awalnya perusahaan ini hanya memiliki pegawai  sebanyak delapan orang dengan modal Rp.100 juta. Kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeananimpor kiriman barang, dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Lalu, pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hongkong yang kemudian memberi kesempatan kepada perusahan ini untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.

Karena persaingannya di pasar domestik, perusahaan ini juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya TiKi dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.

Selama bertahun-tahun TiKi dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah masing-masing. Karena ini kedua perusahaan tersebut menjadi saingan. Akhirnya JNE menjadi perusahaan diri sendiri dengan manajemen sendiri. JNE membuat logo sendiri yang membedakannya dari TiKi.

JNE membeli gedung pada tahun 2002 dan mendirikan JNE Operations Sorting Center. Kemudian pada tahun 2004 JNE membeli gedung untuk dijadikan Kantor Pusat. Keduanya berada di Jakarta. Pada tahun 2019 ini kantor pusat PT Tiki JNE berada di Tomang Raya No 9 & 11 Jakarta Barat.

Layanan dari JNE

Apa itu JNE dan Sejarahnya

JNE sudah dikenal sebagai memang perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional. Perusahaan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan distribusi barang.

Selain jaringannya luas, pilihan layanan pengiriman yang ditawarkannya juga beragam dan dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan konsumen. Berikut merupakan berbagai layanan yang diberikan oleh JNE:

  1. SUPER SPEED (SS)adalah layanan pengiriman dengan mengutamakan kecepatan dan penyampaiannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan/disepakati. Layanan ini memiliki beberapa ketentuan, diantaranya adalah hanya tersedia di wilayah tujuan tertentu melalui moda transportasi darat maupun udara.
  2. PESONA yang merupakan layanan pengiriman makanan kuliner khas Indonesia tanpa harus pergi ke daerah asalnya. Pilihan makanan dari beberapa daerah di Indonesia yang perusahaan ini tawarkan sudah melalui seleksi kelayakan dan masa uji coba selama hampir setahun sehingga aman untuk dikonsumsi oleh pelanggan.
  3. YES adalah layanan dengan waktu penyampaian di tujuan keesokan hari (termasuk Minggu dan hari libur nasional). Layanan ini hanya berlaku dengan waktu batas maksimum (cut off time) pengiriman, dengan ketentuan penyampaian ke penerima paling lambat jam 23.59 waktu setempat, berlaku untuk kota-kota yang telah ditentukan.
  4. REGULER adalah layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman 1-7 hari kerja, tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman. Layanan ini tidak melayani pengiriman di hari minggu dan libur nasional.
  5. OKE adalah Layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan tarif ekonomis dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman lebih lama dari Service REGULER. Tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman. Namun, pengiriman ini hanya dapat digunakan diwilayah-wilayah yang bukan merupakan kota besar. Sehingga penggunaan layanan ini hanya berlaku di beberapa daerah.

PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support 02

Een Handayani

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00