Tugas distributor adalah untuk menyalurkan produk atau barang yang diproduksi oleh pabrik atau produsen kepada konsumen. Adanya pihak ini tentu sangat penting dalam dunia bisnis. Tanpa adanya distributor produk tidak akan sampai ke pihak yang membutuhkan atau konsumen.

Pihak ini bisa berupaa perorangan ataupun yang berbentuk badan usaha atau organisasi. Semuanya bisa membantu setiap produsen dalam menjangkau lebih banyak konsumen potensial mereka.

Tugas Distributor yang Utama

Suatu barang dari produsen perlu waktu dan juga tahapan untuk bisa sampai ke tangan konsumen. Salah satu yang beperan penting di dalamnya ialah distributor. Pihak ini memiliki beberapa tugas, antara lain adalah sebagai berikut:

Memperkenalkan produk kepada konsumen

Yang pertama ialah untuk Untuk memperkenalkan produk berupa barang ataupun jasa. Selanjutnya, mereka bisa menjualnya kepada pihak konsumen. Dalam memperkenalkan produk tersebut, perusahaan distributor umumnya menggunakan beberapa media seperti halnya iklan atau bahkan reklame.

Media beriklan kini lebih beragam karena tidak hanya dengan memanfaatkan media cetak atau promosi secara langsung. Akan tetapi, mereka juga bisa memanfaatkan media online. Untuk melakukan klasifikasi terhadap barang yang dijual. Distributor akan memilah produk dagangan sesuai dengan kualitas, ukuran serta jenis barang. Hal ini tentu memudahkan bagi para konsumen dalam mencari barang ataupun jasa sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga Pengertian Distributor dan Peran Pentingnya

Melakukan klasifikasi produk

Tuags penting dari distributor selanjutnya ialah melakukan klasifikasi terhadap barang yang dijual. Distributor akan memilah produk dagangan sesuai dengan kualitas, ukuran serta jenis barang. Hal ini tentu memudahkan bagi para konsumen dalam mencari barang ataupun jasa sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pentingnya Distributor bagi Produsen / Perusahaan

Keberadaan distributor tentu sangat membantu dalam pemasaran produk dari suatu perusahaan. Berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa perusahaan menggunakan jasa ini dalam memasarkan produk yang mereka jual :

  • Aktif dalam pemasaran => Para distributor nampaknya lebih efektif dalam urusan marketing mengingat skala operasi yang mereka gunakan dengan pengecer. Mereka memiliki cara tersendiri untuk bisa mengenalkan produk kepada konsumen.
  • Menjangkau lebih banyak konsumen => Banyak para produsen yang tidak dapat mengembangkan usaha mereka dalam melakukan penjualan secara langsung. Keberadaan distributor dalam pemasaran tentu sangat menguntungkan terlebih mereka tidak perlu keluar uang dalam memasarkan produk mereka sendiri.

Lihat ini Mengenal Lebih Dekat Mengenai Model Pemasaran Suatu Produk

  • Memudahkan pengecer mendapatkan barang => Pengecer umumnya senang membeli bermacam-macam barang dari seorang grosir atau distributor. Hal ini dikarenakan, pembelian di pabrik terkadang mengharuskan pembelinya dalam jumlah tertentu. Padahal kebutuhan konsumen tidaklah selalu banyak.
  • Mengurangi budget pemasaran => Para pengusaha / pemilik pabrik terkadang lebih memilih menggunakan dana mereka untuk melakukan ekspansi bisnis. Hal ini karena mereka tak perlu lagi butuh promosi. Distributorlah yang sudah melakukan tugas itu untuk mereka. Dengan adanya distributor yang mereka ajak kerjasama, maka kegiatan promosi tidak perlu dilakukan sendiri namun cukup menyerahkannya pada pihak distributor.

Ada banyak tugas distributor.  Beberapa diantaranya telah disebutkan di atas. Dengan begitu, maka tidak heran jika perusahaan mencari perusahaan distributor terbaik. Ada berbagai kelebihan dan keuntungan yang bisa didapatkan. Hal ini membuat bisnis berjalan lebih mudah.

Selain itu, juga membantu konsumen dan pengecer dalam mendapatkan barang dalam jumlah yang mereka inginkan. Maka penting bagi pemilik bisnis untuk mempertimbangkan dalam memakai jasa ini guna mendukung bisnis yang dimiliki.


PT. Multi Angkasa Solusi


Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp