Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu wilayah yang menjadi destinasi pegiriman barang dari Jakarta di Pulau Sumatera. Kali ini Mas Cargo Express akan mengenalkan daftar kota di Provinsi Sumatera Utara yang menjadi cakupan layanan jasa pengiriman barang Jakarta-Sumatera Utara dengan harga murah dan dengan bermacam-macamnya jalur pengiriman, seperti darat, laut, dan udara.

Provinsi Sumatera Utara

Sumatra Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sumatra. Provinsi ini dikenal dengan bendungan raksasa Asahan dengan air terjun Sigura-gura yang merupakan proyek besar pembangkit tenaga listrik. Posisi Geografisnya terletak di  1°–4° Lintang Utara dan 98°–100° Bujur Timur. Batas wilayahnya sebelah utara provinsi Aceh dan Selat Sumatera, sebelah barat berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat dan Riau, sedangkan sebelah Timur di batasi oleh Selat Sumatera. Luas wilayah Provinsi Sumatera Utara adalah 72.981,23km2 atau sekitar 3,69% dari total luas wilayah seluruh Indonesia. Provinsi ini memiliki jumlah Penduduk sebanyak 14.551.960 Jiwa. Sumatera Utara merupakan provinsi yang keempat terbesar jumlah penduduknya di Indonesia setelah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Kota di Provinsi Sumatera Utara

Wilayah Administrasi Provinsi Sumatera Utara dibagi menjadi 8 Kota.  Berikut ini adalah daftar 8 Kota di Provinsi Sumatera Utara yang sekaligus menjadi destinasi pengiriman barang Jakarta-Sumatera Utara:

  1. Kota Binjai

Kota ini dikenal sebagai kota rambutan karena kota ini memang menghasilkan rambutan yang memiliki citarasa terbaik. Luas kota ini sebesar 59,19 km2 dan terletak 22 km di sebelah barat ibu kota provinsi Sumatra Utara, Medan. Statusnya dahulu adalah ibu kota Kabupaten Langkat dan kemudian berubah menjadi kota madya. Saat ini, Binjai dan Medan dihubungkan oleh jalan raya Lintas Sumatra yang menghubungkan antara Medan dan Banda Aceh. Oleh karena itu, Binjai terletak di daerah strategis di mana merupakan pintu gerbang Kota Medan ditinjau dari provinsi Aceh

  1. Kota Gunungsitoli

Kota ini terletak di Pulau Nias dan merupakan kota tertua dan terbesar dengan luas wilayah sebesar 280,78 km2. Awalnya kota ini berstatus sebagai kecamatan, lalu meningkat menjadi kota otonom Berdasarkan catatan sejarah, Asal usul nama Gunungsitoli ini belum diketahui secara jelas. Namun kota ini memiliki nama lain yakni Luaha.

  1. Kota Medan

Pengiriman barang Jakarta-Medan juga menjadi salah satu permintaan yang banyak diminati oleh pelanggan. Sudah kita ketahui bahwa kota ini merupakan ibukota Provinsi Sumatera Utara. Kota Medan juga merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang lokasinya berada di luar Pulau Jawa.

  1. Kota Padangsidimpuan

Nama kota ini berasal dari “Padang na dimpu” (padang=hamparan luas, na=di, dan dimpu=tinggi) yang berarti “hamparan rumput yang luas yang berada di temapat yang tinggi.” Padangsimpuan memiliki luas sebesar 114,66 kmdan  dikenal dengan kota salak, karena kota ini merupakan kota yang penghasil buah salak terenak di Indonesia.

  1. Kota Pematangsiantar

Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Utara setelah Medan. Permintaan pengiriman barang Jakarta-Pematangsiantar juga banyak diminati, hal ini karena Pematangsiantar merupakan kota yang strategis karena lokasinya dilintasi oleh jalan raya lintas Sumatera.

  1. Kota Sibolga

Sibolga yang merupakan sebuah kota kecil di pesisir pantai barat Sumatera memiliki potensi yang besar di bidang perikanan. Selama ini perekonomian Kota Sibolga sangat di dukung oleh besarnya hasil dari perikanan laut. Kota ini secara administratif terdiri dari 3 Kecamatan dan 16 Kelurahan dan Luas 2.778 Ha atau 27, 78 Km², dengan jumlah penduduk 86.441 jiwa.

  1. Kota Tanjung Balai

Kota Tanjungbalai merupakan daerah pertemuan 2 (dua) sungai besar yaitu Sungai Silau dan Sungai Asahan yang bermuara ke Selat Malaka. Jaraknya relatif dekat dengan negara Malaysia, Singapura dan Thailand. Berdasarkan letaknya tersebut Kota ini sangat strategis dan ekonomis. Terlebih lagi didukung oleh tersedianya sarana, prasarana, infrastruktur dan aksebilitas yang cukup memadai, baik berupa modal transportasi darat, laut, jaringan air bersih, listrik dan telekomunikasi yang dapat menjangkau seluruh wilayah nusantara maupun negara tetangga.

  1. Kota Tebingtinggi

Kota ini memiliki luas sebesar 31,00 km2.  Tebingtinggi berjarak sekitar  ± 80 Km dari Kota Medan. Sebagai daerah perkotaan, peruntukan lahan di Tebing Tinggi didominasi oleh pemukiman (53,32%), disusul pertanian (29,66%). Kondisi ini memberikan gambaran besarnya potensi bagi pengembangan perumahan. Namun demikian, daerah ini juga memiliki potensi yang cukup besar di sektor lainnya seperti pertanian, pertambangan, industri dan perdagangan serta pariwisata.

PT. Multi Angkasa Solusi

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp