Mas Cargo Express selalu menghadirkan jasa pengiriman lengkap menuju wilayah-wilayah yang ada di Provinsi Papua. Berikut merupakan daftar kota di Provinsi Papua yang menjadi destinasi pengiriman barang terbesar dari Jakarta maupun wilayah lainnya di Indonesia.

Sekilas Tentang Provinsi Papua

Papua adalah nama salah satu pulau besar yang berada dikawasan Indonesia timur. Wilayahnya yang sangat luas menempatkannya sebagai pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Papua memiliki luas area sekitar 421.981 kilometer persegi dengan populasi penduduk hanya sekitar 3 juta saja. Papua sering menjadi sorotan publik local bahkan dunia karena potensi sumber daya alamnya yang melimpah.

Dahulu kita mengenal Papua dengan nama Irian Jaya. Pengubahan nama dari Irian menjadi Papua dilakukan sekitar tahun 2000. Hingga saat ini Papua tercatat memiliki 2 Provinsi dengan 29 Kabupaten. Untuk lebih detailnya berikut adalah daftar provinsi di Papua.

Provinsi Papua memiliki luas daerah 317.062 Km2 dengan jumlah penduduk 3,486 juta (2014) terletak pada 130° – 141° Bujur Timur dan 2°25′ Lintang Utara – 9° Lintang Selatan

Batas Wilayah Provinsi Papua:

  • Sebelah Barat : Provinsi Papua Barat
  • Sebelah Timur : Papua New Guinea
  • Sebelah Utara : Samudera Pasifik
  • Sebelah Selatan Laut Arafuru

Di wilayah ini terdapat berbagai kelompok suku dengan perbedaan bahasa dan adat istiadat. Ada sekitar 250 bahasa daerah di Papua dimana setiap sukunya mengenal sistem strata dalam masyarakat. Strata disana diklasifikasikan berdasarkan keturunan, kekayaan dsb.

Hal ini sudah diwariskan turun menurun dimana strata dapat mempengaruhi kepemimpinan dalam masyarakat. Sebagian suku pedalaman tetap mempertahankan kebudayaannya dengan utuh tanpa mau dipengaruhi oleh kebudayaan luar yang modern. Hal ini menyebabkan sulitnya modernisasi masyarakat asli papua.

Sebagian besar penduduk Papua sudah memiliki agama dan kepercayaan sesuai asas Ketuhanan Yang Maha Esa. Namun demikian masih ada sebagian kecil (terutama suku pedalaman) yang menganut paham animisme. Agama yang ada di Provinsi Papua diantaranya Kristen Protestan, Kristen Katholik, Islam, Hindu Bali dan Budha.

Wilayah di Provinsi Papua

Sebagai provinsi yang memiliki ukuran terbesar di Indonesia, Provinsi Papua memiliki 5 wilayah yang menjadi pusat administrasi di wilayah ini. Wilayah-wilayah ini juga merupakan tempat yang memiliki permintaan ekspedisi terbesar. Berikut merupakan penjelasan singkat dari masing-masing wilayah

  • Kabupaten Merauke

Merauke merupakan kabupaten terluas sekaligus kabupaten paling timur di Indonesia. Wilayah ini didominasi oleh hutan lindung dan hutan basah dimana jalan menuju kampung-kampung lainya tatau distrik disekitar Merauke sangat terbatas.

Luasnya Merauke sekitar 45,071 km2 dengan jumlah penduduknya sekitar 240.826 (sensus 2014). Mas Cargo Express menghadirkan jasa ekspedisi murah menuju Merauke.

  • Kabupaten Nabire

Nabire merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Kawasan teluk Cenderawasih Provinsi Papua. Wilayah ini memiliki luas sebesar 12.075.000 Km2 dan panjang garis pantai 473 Km2.

Mas Cargo Express menghadirkan jasa cargo kilat dan murah ke Nabire.

  • Kabupaten Biak

Biak adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih dekat sebelah utara pesisir Provinsi Papua, Indonesia. Posisi Biak berada di sebelah barat laut Papua Nugini. Biak adalah pulau terbesar di antara rantai kepulauan kecil, serta mempunyai banyak atol dan terumbu karang.

Mas Cargo Express dengam bangganya menghadirkan jasa ekspedisi kilat dan murah Jakarata-Biak

  • Kabupaten Mimika

Mimika merupakan nama dari salah satu kabupaten yang berada di provinsi Papua, Indonesia. Wilayah ini beribu kota di Timika.

Di kabupaten ini terletak Kecamatan Tembagapura yang meerupakan lokasi dari tambang emas terbesar di dunia milik PT. Freeport Indonesia.

Maka tak heran jika Mas Cargo Express menghadikan jasa ekspedisi mura menuju Mimika

  • Kota Jayapura

Kota Jayapura merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Papua sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut.

Kota ini merupakan ibu kota provinsi yang terletak paling timur di Indonesia dan terletak di teluk Jayapura.

Maka tak heran jika Mas Cargo menghadirkan jasa ekspedisi murah menuju Jayapura dari wilayah lain di Indonesia.

PT. Multi Angkasa Solusi

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)

Share on Whatsapp