Jambi merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki kota-kota yang menjadi destinasi pengiriman barang dari wilayah lain, khususnya Jakarta. Maka tak heran jika layanan jasa ekspedisi Jakarta-Jambi banyak dibutuhkan. Ditambah lagi dengan harga yang murah serta lengkapnya jalur ekspedisi mulai dari jalur darat, udara, dan laut.

Provinsi Jambi

Kata “Jambi” berawal dari nama “Kampung Jam”, yang berdekatan dengan Kampung Teladan, yang diperkirakan di sekitar daerah Buluran Kenali sekarang. Dari kata Jam inilah akhirnya disebut “Jambi”.

Secara geografis, provinsi ini terletak pada 0o45’-2o45’ Lintang Selatan dan 101o10’-104o55’ Bujur Timur di bagian tengah Pulau Sumatera, sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Riau, Sebelah Timur dengan Laut Cina Selatan Provinsi Kepulauan Riau, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan dan sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat. Posisi Provinsi ini cukup strategis karena langsung berhadapan dengan kawasan pertumbuhan ekonomi yaitu IMS-GT (Indonesia, Malaysia, Singapura Growth Triangle).

Jambi memiliki kota-kota yang sangat berpotensi terhadap kemajuan Provinsi ini. Hal ini dibuktikan dengan permintaan pendistribusian barang dari dan menuju kota-kota yang ada di provinsi ini. Luas wilayah Provinsi Jambi sesuai dengan Undang-undang Nomor 19 tahun 1957, tentang Pembentukan Daerah-Daerah Swatantra Tingkat I Sumatera Barat, Jambi dan Riau, yang kemudian ditetapkan menjadi Undang-Undang Nomor 61 tahun 1958 (Lembaran Negara Tahun 1958 Nomor 112) adalah seluas 53.435,72 km2 dengan luas daratan 50.160,05 km2 dan luas perairan 3.274,95 Km2.

Provinsi yang berada di Pulau Sumatera ini terkenal dengan iklim tropis dan kaya akan sumberdaya alam dan keanekaragaman hayati, namun juga tetap menjadi kerentanan terjadi perubahan iklim. Gejala perubahan iklim seperti kenaikan temperatur, perubahan intensitas dan periode hujan, pergeseran musim hujan/kemarau, dan kenaikan muka air laut, akan mengancam daya dukung lingkungan dan kegiatan seluruh sektor pembangunan.

Di luar hutan, penggunaan lahan masih didominasi oleh perkebunan karet dengan kontribusi sebesar 26,20%. Diikuti oleh perkebunan sawit sebanyak 19,22%. Sebagian besar lahan di Provinsi Jambi digunakan untuk kegiatan budidaya pertanian, baik pertanian lahan sawah maupun pertanian lahan bukan sawah.

Menurut BP, penduduk di wilayah ini berjumlah lebih dari 3.092.265 jiwa dengan tingkat kepadatan rata-rata sebesar 61,65 jiwa/km2.Dilihat dari posisi kewilayahan barat dan timur, maka prosentase distribusi penduduk di kedua wilayah tersebut terlihat relative seimbang, yaitu 52% untuk wilayah timur (Batanghari, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Kota Jambi), dan 48% untuk wilayah barat (Kerinci, Sungai Penuh, Merangin, Sarolangun, Bungo dan Tebo).

Kota di Provinsi Jambi

Terdapat dua kota admistratif atau madya yang banyak melakukan pendistribusian barang, kedua kota tersebut yakni:

  1. Kota Jambi

Sebagaimana karakter ibu kota Provinsi pada umumnya yaitu sebagai pusat pemerintahan, industri dan perdagangan, maka Kota Jambi juga merupakan daerah tujuan arus migrasi. Sebagai ibu kota di provinsi Jambi, Mas Cargo Express menghadirkan pengiriman barang Jakata-Jambi karena memang permintaan pengiriman barang dari dan menuju kedua wilayah ini cukup tinggi.

  1. Kota Sungai Penuh

Nama Kota Sungai Penuh itu berasal dari mata air yang bernama Sumur Pulai yang tidak pernah kering di musim kemarau sekalipun. Secara geografis, Kota Sungai Penuh berada di wilayah paling barat Provinsi Jambi. Oleh sebab itulah kota ini ibarat titik temu tiga provinsi di Sumatera, yakni Jambi, Sumatera Barat, dan Bengkulu. Kota ini dikenal dengan tempat pariwisatanya yang indah dan menyenangkan seperti Pesona Bukit Khayangan, Taman Bunga, Panorama Bina Karya, Panorama Bukit SenTiong.

PT. Multi Angkasa Solusi

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp