Pengertian CNF dan Istilah-istilah dalam Dunia Ekspor Impor

CNF adalah singkatan dari Cost and Freight. CNF berarti pihak eksportir merupakan pihak yang bertanggung jawab tehadap biaya pengiriman hingga ke pelabuhan negara yang menjadi tujuan. Dalam dunia ekspor impor maka akan diambil kesepakatan-kesepakatan bersama yang melibatkan istilah-istilah tertentu. Salah satunya ialah CNF.

CNF Adalah Salah Satu Jenis Cost dalam Perdagangan

cnf adalah

Seiring dengan tumbuhnya usaha yang dirintis, maka bukan tidak mungkin jika konsumen datang dari lain negara. Dengan demikian, seorang pengusaha sudah tentu akan melakukan perdagangan yang bersifat lintas negara. CNF sendiri menjadi salah satu cost atau pembiayaan dalam perdagangan.

Adapun proses ekspor dan impor akan melibatkan yang namanya bea cukai, pelabuhan, bank hingga perusahaan forwader dan instansi ekspor impor. Jika anda ingin mengembangkan bisnis anda hingga ke luar negeri, maka istilah-istilah seperti FOB, CIF an CNF tentu harus anda pahami.

Bagi pengusaha yang memilih CNF dalam kesepakatan pembiayaan pembelian barang maka biaya transportasi barang hingga ke pelabuhan terdekat menjadi tanggungan eksportir. Adapun pelabuhan yang dimaksud adalah pelabuhan terdekat dari lokasi importir.

Ketika barang telah sampai di pelabuhan importir maka biaya yang akan muncul dari sana menjadi tanggungan importir itu sendiri. Adapun biaya yang dimaksud adalah pajak, asuransi dan biaya yang lain.

lihat juga Pengertian Ekspor dan Manfaatnya Dalam Bisnis Suatu Negara

Istilah dalam Ekspor Impor

cnf adalah suatu istilah

Selain CNF ada beberapa istilah lainnya yang akan anda temui jika berkecimpung dalam dunia perdagangan ekspor dan impor. Beberapa istilah tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • ARF => Air Freight Rate merupakan tarif dasar ongkos pengiriman dari jalur udara yang biasanya dihitung berdasarkan satuan kilogram ataupun pound.
  • CIF => Cost Insurance and Freight yakni harga penawaran selain mencakup ongkos kapal harga barang serta asuransi.
  • OFR => Ocean Freight Rate yaitu tarif dasar ongkos barang yang dikirim melalui jalur laut. Adapun penghitungannya menggunakan kubikasi atau per cbm.
  • FOB => Free On Board yaitu memberikan penawaran barang hanya sampai di atas angkutan kapal. Adapun angkutan atau ongkos untuk biaya kapal tidaklah termasuk. Dalam hal ini pembelilah yang akan menanggung biaya kapalnya.
  • LCL => Less Container Loaded yaitu istilah untuk mengirimkan barang yang tidak sampai 1 full kontainer yang dihitung dengan kubikmeter atau kubikasi.
  • Consolidasi => adalah proses yang umumnya dilakukan oleh freight forwaders dalam menggabungkan banyak kriman menjadi satu kiriman. Langkah ini tentu mampu memperkecil ongkos pengiriman.
  • SRP => Surat Registrasi Pabean yang berguna sebagai identitas importer untuk persyaratan dalam Bea dan Cukai untuk melakukan import barang.
  • API-U => Istilah ini merupakan identitas dari suatu perusahaan ataupun perorangan dalam bidang impor
  • BL => Bill of Lading merupakan istilah yang dimaksudkan sebagai bukti pengiriman barang melalui jalur laut. Adapun fungsinya adalah seperti AWB yang berguna untuk jalur udara.
  • AWB => Airway Bill yang akan diberikan sebagai bukti pengiriman barang melalui jalur udara. Pada AWB terdapat barcode yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi barang kiriman.
  • Commercial Invoice => Istilah ini merujuk pada suatu dokumen yang diperlukan untuk jenis barang yang terkena bea ketika sampai di negara tujuan. Dokumen tersebut akan digunakan untuk perhitungan bea dan cukai.
  • Custom Clearance => Istilah ini suatu proses pemeriksaan dokumen sekaligus perhitungan atas biaya-biaya pajak resmi juga proses pengeluaran barang pada negara tujuan.

Baca juga Pengertian Impor dan Manfaatnya Dalam Suatu Bisnis

Dari ulasan diatas diketahui jika CNF adalah salah satu kesepakatan dalam pembayaran di perdagangan internasional. Selain itu ada pula beberapa istilah lain yang harus anda pahami jika ingin berkecimpung di dalam perdagangan.


PT. Multi Angkasa Solusi

jasa pengiriman barang mas cargo
Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp
Yuks, konsultasikan kiriman anda di sini

Kami Melayani dengan Sepenuh Hati

Customer Support

Een Handayani

Online

Customer Support 02

Nazwa

Online

Customer Support 03

Mawar

Online

Een Handayani

Dengan Een disini Ada yang bisa saya bantu kak ? 00.00

Nazwa

Dengan Nazwa disini ada yang bisa aku bantu ? 00.00

Mawar

Dengan Mawar Ada yang bisa saya bantu ? 00.00