Jika Anda adalah seorang pebisnis atau pun bukan, terkadang Anda membutuhkan pengiriman barang yang ditujukan ke luar negeri. Namun Anda sering mendengar bahwa pengiriman barang keluar negeri sangat mahal dan prosedurnya pun selalu rumit. Ternyata mengirim barang ke luar negeri sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan selama ini, termasuk mendapatkan tarif cargo murah ke Malaysia untuk Anda.

Pengecekan Posisi Barang Saat Pengiriman

Banyak orang mengatakan bahwa pengiriman barang dari dan ke luar negeri biasanya sangat sulit untuk dilacak keberadaannya. Namun ternyata tidak begitu, Anda dapat melacak barang pengiriman dari dan ke luar negeri dengan mengecek keberadaan atau posisi barang kiriman secara langsung melalui website pihak bea cukai.

Untuk dapat mengetahui pengiriman barang import, hanya ada satu syara,  yaitu dengan  mengetahui nomor Airway Bill (AWB) atau semacam nomor resi pengiriman ekspor impor; serta nama penerima paket tersebut.

Setelah itu, Anda tinggal mengetikkan data  (nomor Air Waybill) yang telah Anda terima ke dalam kotak yang tersedia lalu anda tinggal klik PIBK Online Jika pengiriman barang impor Anda memang ada, datanya biasanya akan segera muncul di layar komputer atau handphone dan Anda pun dapat mengetahui posisi barang tersebut.

Namun, pengecekan seperti ini hanya berlaku untuk mengecek paket-paket dari luar negeri yang dikirimkan melalui perusahaan jasa titipan (PJT) yang terdaftar seperti Redbox AirAsia, DHL, Fedex, TNT, dll. Pengecekan status barang kiriman secara online ini tidak berlaku untuk paket yang dikirim melalui kantor pos (Electronic Mail Service – maupun EMS.

Penyedia Jasa Ekspedisi ke Malaysia

Pengiriman cargo murah ke Malaysia ini biasanya dikirim oleh sub Agen Maskapai International yang terkenal diindonesia dan beroperasi serta menyediakan Airway Bill (AWB) untuk pengiriman barang (cargo internasional via udara) diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Agent SMU Eva Air (BR)
  • Agent SMU Malaysian Air (MH)
  • Agent SMU KLM
  • Agent SMU Singapore Airlines (SQ), dll.

Adanya pengembangan serta langkah yang diambil oleh Bea Cukai kali ini patut diapresiasi sebagai langkah maju dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Indonesia, khususnya dalam pengiriman barang berkelas internasional. Pihak Bea Cukai pun sepertinya sudah semakin bergerak ke depan untuk menyiasati banyaknya kasus penipuan bermodus pengiriman barang.

Hal ini dilakukan oleh pihak Bea Cukai untuk menekankan bahwa para penipu selalu meminta pembayaran bea atau pajak dari paket agar ditransfer ke rekening personal. Biasanya para penipu ini juga mendesak korban agar segera mentransfer uang dalam waktu singkat, disertai intimidasi serta ancaman bahwa barang akan dimusnahkan atau dikirim balik jika tidak segera dibayar pajaknya.

Pengiriman Barang ke Malaysia

Terdapat beberapa metode atau cara pengiriman barang ke luar negerti, di antaranya:

Di mana metode tersebut memiliki layanan dan  penawaran tarif  yang berbeda satu sama lainnya.

Untuk mengirimkan barang ke luar negeri, cara pengirimannya bisa melalui sub Agent SMU (dengan jasa port to port atau port to door). Biasanya barang atau paket tersebut akan dilanjutkan untuk diantar ke cargo atau gudang ekspedisi untuk diproses.

Jika Anda menggunakan jasa cargo port to port, biaya pick up atau pengangkutan sudah dipangkas menjadi sangat lebih murah dari pada harga door to door. Akan tetapi, jika pelanggan mengginginkan paket atau barang tersebut di pick up atau diantar dari dan/atau menuju ke alamat tujuan secara langsung (door to door atau door to port) akan disediakan dengan penambahan biaya cargo murah ke Malaysia yang besarnya disesuaikan dengan jarak tempuh.

PT. Multi Angkasa Solusi

j

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)
Email : info@mascargoexpress.com

Share on Whatsapp