Apa itu RPX dan Sejarahnya sebagai jasa ekspedisi dimulai di Amerika lalu melebarkan sayapnya ke Indonesia dibawah nauangan PT. Republic Express.

Sejarah Berdirinya RPX

Sejarah RPX berawal dari didirikannya PT. Republic Express oleh Dr. Eddy Joesoef pertama kali pada 13 April 1982 yang bekerjasama dengan prinsipal “City Link” untuk menangani pengiriman barang ke sekitar negara Asia Tenggara.

Kemudian pada tahun 9 Agustus 1984 perusahaan ini berubah nama menjadi PT Repex Perdana International (RPX International) dengan Bapak Harsha E. Joesoef selaku direktur utama. Di tahun 1985 PT Repex Perdana International melakukan penggantian prinsipal dengan “Gelco International” dimana kemudian prinsipal ini dibeli oleh Federal Express Corporation. FedEx adalah perusahaan internasional yang melayani barang dan jasa berbasis di Amerika Serikat.

Tidak berhenti sampai disitu, RPX terus mengembangkan layanannya dibidang logistik dengan mendirikan bisnis unit yang bergerak dibidang jasa kepabeanan (PT Sena Satwika / RPX Clearance), penyedia jasa Trucking (PT Pelangi Semesta / RPX Freight), jasa pengiriman domestik (PT Antareja Prima Antaran / RPX Domestic), jasa forwarding (PT Senatrans Utama / RPX Forwarding), jasa pergudangan (PT Wahana Dirgantara / RPX Warehouse), airlines (PT Republic Express / RPX Airlines), dan dibidang manajemen properti (PT Sentra Banuadhi / RPX Properti Management).

RPX Group merupakan salah satu perusahaan terkemuka di industry logistic. Perusahaan ini sejajar dengan perusahaan sekelas UPS (United Parcel Services) atau DHL yang juga berada di pasar logistik Indonesia.

Pada tahun 2001, semua Business Unit tersebut berada pada naungan Holding Company PT Repex Wahana (RPX One Stop Logistics). Ditahun 2014, unit bisnis tersebut dilebur menjadi 4 unit bisnis, yaitu Express, Logistics, Agency Services.

Layanan yang Disediakan RPX

Tugas umum dari RPX group adalah sebagai usaha yang bergerak dibidang pengiriman barang baik melalui jalur darat, laut maupun udara. Serta layanan transit kepabeanan dan gudang penyimpanan barang.

RPX memfasilitasi dan mempercepat proses pengiriman Konsumen. Apapun tipe paket baik barang ataupun dokumen, kemanapun konsumen ingin mengirimnya baik melalui udara, darat maupun laut, RPX group mempunyai semua infrastruktur dan jaringan yang konsumen inginkan.

Terdapat banyak kegiatan pelayanan yang ditawarkan oleh RPX Group. Berikut beberapa produk layanan yang ada di RPX Group sekaligus menjadi kegiatan umum perusahaan:

1.Express

RPX Express merupakan partner masyarakat dalam hal pengiriman paket baik di internasional maupun domestik. Mengusung tema “One Stop Logistics”, layanan express berperan sebagai solusi dari sebuah rantai bisnis logistik bagi end user.
RPX telah dipercaya oleh FedEx (Federal Express) sebagai service partner selama lebih dari 30 tahun, untuk melakukan pengiriman internasional.

Selain itu, RPX juga menawarkan solusi pengantaran paket domestik yang memiliki kekuatan dalam komitmen waktu serta keamanan tinggi untuk barang-barang high value.

2.Internasional Express

Sebagai pemegang lisensi tunggal Federal Express Corporation (FedEx) di Indonesia, performa RPX Express dalam layanan mencangkup pelayanan pengiriman mencangkup antar negara. Dalam pelayanan internasional express terdapat beberapa produk yang ditawarkan oleh RPX Group.

Beberapa diantaranya adalah FedEx  International First (FIF) yaitu produk yang menyediakan layanan pengiriman door-to-door lengkap. Layanan ini hingga mencakup pengurusan bea cukai dengan waktu antar akurat ke seluruh penjuru dunia.

Lalu ada International Priority (IP) yang merupakan layanan pengiriman door-to-door dengan waktu tiba di hari kerja berikutnya antar negara-negara di Asia atau dari negara Asia ke Amerika. Sedangkan untuk destinasi ke negara-negara di benua Eropa dan negara lainnya memiliki waktu antar 2 hari kerja.

PT. Multi Angkasa Solusi

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)

Share on Whatsapp