Apa itu GoSend dan Sejarahnya merupakan salah satu informasi yang wajib untuk diketahui oleh masyarakat pengguna jasa pengiriman atau ekspedisi barang dan logistic lainnya.

Peran Gojek dalam Hadirnya Gosend

Mengenai kemajuan di bidang transportasi atau pengangkutan, tepatnya pada awal tahun 2015, di Indonesia telah hadir model transportasi baru, yakni Go-Jek yang berada dalam naungan suatu perusahaan bernama PT. Go-Jek Indonesia.

Sebenarnya, Go-Jek juga tidak bisa dikatakan sebagai model transportasi baru, sebab Go-Jek adalah jasa transportasi menggunakan kendaraan roda dua yakni sepeda motor, yang sudah cukup lama masyarakat kenal dengan sebutan ojek, yang melayani angkutan penumpang untuk transportasi lingkungan yang berjarak pendek.

Go-Jek berbeda dengan ojek, karena Go-Jek merupakan ojek online yang cara pemesanannya hanya dapat dilakukan melalui aplikasi Go-Jek di smartphone. Selain itu, ojek online ini juga tidak hanya melayani jasa angkutan orang, seperti ojek pada umumnya, melainkan juga melayani jasa angkutan barang, dan bahkan juga menyediakan jasa layanan pesan antar makanan dan belanjaan di toko-toko.

Sehingga, secara keseluruhan, pada aplikasi Go-Jek terdapat empat layanan, diantaranya:

  1. Instant Courier, yakni layanan pengiriman barang.
  2. Transport, yakni layanan angkutan orang.
  3. Go-Food, yakni layanan pesan antar makanan.
  4. Shopping, yakni layanan pesan antar barang belanjaan.

Selain keempat layanan tersebut, pada bulan Oktober 2015, PT. Go-Jek Indonesia kembali meluncurkan beberapa layanan baru diantaranya Go- Glam, Go-Clean, Go-Massage, serta Go-Box. Dan bersamaan dengan peluncuran layanan baru tersebut, ketiga layanan yang sudah ada sebelumnya yakni, Instant Courier berubah nama menjadi Go-Send, Transport berubah nama menjadi Go-Ride, serta Shopping berubah nama menjadi Go-Mart.

Dari semua layanan tersebut, terdapat salah satu layanan yang cukup banyak digunakan oleh para konsumen Gojek, yakni fitur Gosend. Go-Send, merupakan layanan antar jemput barang untuk mengantarkan barang tersebut kepada orang yang dituju hanya dalam waktu 90 menit, dan bahkan lebih cepat lagi jika jarak lebih dekat.

Go-Send Sebagai Inovasi Baru Pengangkutan Barang

Pengiriman barang  merupakan  hal yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat modern. Pengiriman barang dilakukan  dengan  memanfaatkan  jasa  pengiriman  barang  yang  disediakan oleh setiap perusahaan jasa. Saat ini, pengiriman barang dan jasa cenderung dilakukan secara online dengan memanfaatkan fitur gosend pada Gojek Indonesia.

Layanan Go-Send yang disediakan oleh Gojek merupakan inovasi baru dalam hal pengangkutan barang, karena dapat mengantarkan barang dalam waktu yang lebih cepat, dibanding dengan perusahaan pengangkutan lainnya.

Gosend merupakan layanan antar jemput barang atau paket untuk diantarkan kepada orang yang dituju hanya dalam waktu singkat dengan jarak tempuh maksimal 25 kilometer. Barang akan langsung dijemput dan diantarkan ke lokasi tujuan tanpa harus melalui proses yang panjang dan konsumen hanya perlu mengisi form yang tertera pada layar aplikasi.

Dalam pelaksanaan layanan Go-Send Go-Jek Indonesia terjadi perpindahan barang dari suatu tempat ke tempat yang lain menggunakan sepeda motor, yang mana penggunaan sepeda motor sebagai alat angkut barang diperbolehkan sebagaimana yang diatur dalam Pasal 10 Ayat (2) PP Angkutan Jalan, selama barang yang diangkut memenuhi persyaratan teknis.

Hal ini berarti bahwa pelaksanaan layanan Go-Send Go-Jek Indonesia termasuk dalam kegiatan pengangkutan barang. Namun, dalam kegiatan pengangkutan barang tersebut juga disertai pembayaran sejumlah uang sebagai imbalan, sehingga sarana atau alat transportasi yang seharusnya digunakan adalah kendaraan bermotor umum.

PT. Multi Angkasa Solusi

Jl. Husain Sastra Negara, Rawa Bokor RT.004/02 No.15
Area RA BST (Buana Sarana Transindo) Tangerang – Banten 15125
021 – 22952468 (WA 0811-1886-885)

Share on Whatsapp